Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
Survei Dasar Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas STIKes Kuningan

Survei Dasar Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas STIKes Kuningan

Kuningan, 18 Februari 2019 bertempat di Kantor Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan telah dilaksanakan penyerahan TIM Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) yang bejumlah 90 orang mahasiswa STIKes Kuningan oleh Sekretaris IAKMI Kabupaten Kuningan Bapak C. Heriana, SKM., MPH. Acara dihadiri oleh Camat Selajambe dan para Kepala Desa, Ka. Polsek Selajambe, Kepala Puskesmas Selajambe dan para tokoh masyarakat setempat serta Dosen dan staf dari STIKes Kuningan.

SDKM merupakan program kemitraan antara IAKMI dan Prodi Kesmas STIKKU yang betujuan untuk mengukur besarnya masalah kesmas di suatu wilayah dalam hal ini wilayah yang telah ditentukan adalah Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan. Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya kemitraan antara STIKes Kuningan dan Organisasi profesi Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kabupaten Kuningan, Kegiatan ini telah mendapatkan izin dari kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Kuningan. Organisasi profesi IAKMI sebagai organisasi profesi berkewajiban meningkatkan pengalaman anggota dan calon anggota profesi nakesmas untuk bekerja di masyarakat dan STIKKU sebagi lembaga pendidikan memiliki calon nakesmas, Pemerintah dalam hal ini kecamatan/desa yang memiliki wilayah, maka melalui kegiatan ini kami sinergikan ketiga komponen tersebut sebagai wujud peran serta dalam mewujudkan pembangunan kesehatan di kabupaten Kuningan.

Dari perspektif Perguruan Tinggi, Kegiatan ini sebagai bentuk Inovasi Perguruan Tinggi yang bermitra dengan Organisasi profesi dan Pemerintah Kecamatan dan Desa. Luaran dari kegiatan ini adalah tersusunnya Buku Hasil SDKM dan Profil Kesehatan Desa yang akan dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan Pemerintah Desa sehingga kebijakan pembangunan keshatan desa berbasis bukti kesmas (evidance based public health policy). Adapun agenda kegiatan ini yaitu: pemetaan wilayah, survei dasar kesehatan masyarakat, analisis priotas masalah, masyarakat musyawarah desa (MMD) dan intevensi, kegiatan ini rencana akan berlangsung selama satu bulan.