(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] –  Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan kembali melaksanakan pembukaan Program Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) dan Program Intervensi Kesehatan Masyarakat (PIKM) sekaligus penyerahan mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKKU, bertempat di kecamatan karangkancana, (29/01/2024)

Program SDKM dan PIKM  ini merupakan tahun ke-2 yang dilaksanakan dikecamatan karangkancana, pada tahun ini ada 6 desa untuk menjadi lokus kegiatan SDKM ini diantaranya, Desa Segong, Desa Kaduagung, Desa karangkancana, Desa Tanjungkerta, Desa Sukasari dan Desa Cihanjaro. Pada tahun  sebelumnya juga sudah dilaksanakan di 5 desa seperti Desa Simapayjaya, Desa Sukasari, Desa Tanjungkerta, Desa Jabranti, dan Desa Margacina.

Hadir dalam kesempatan tersebut IAKMI ( Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia ) Kabupaten Kuningan yang diwakili oleh Ade Sapridin, SKM,.MKM selaku Sekretaris Jendral, perwakilan dari Kecamatan Karangkancana, Puskesmas Karangkancana serta Dosen Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan.

Kegiatan Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) dan Program Intervensi Kesehatan Masyarakat (PIKM) merupakan salah satu upaya Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kabupaten Kuningan dan STIKes Kuningan sebagai mitra strategis untuk bersama-sama membangun kesehatan masyarakat di desa serta menuntaskan masalah-masalah kesehatan di Desa. Terutama masalah PTM dan STUNTING.


Selanjutnya Ketua program Studi kesehatan masyarakat Fitri Kurnia Rahim, SKM.,MPHM memberikan sambutannya,  bahwa pelaksanaan SDKM dan PIKM ini akan dilaksanakan selama 26 hari kalender yaitu dimulai dengan hari ini tangal 29 Januari sampai tanggal 23 Februari 2024. Dengan jumlah  mahasiswa sebanyak 67 orang mahasiswa/i yang mana pelaksanaannya akan di tempatkan di kecamatan karangkancana yang sudah dibagi dalam beberapa desa sesuai dengan kesepakatan bersama Pembimbing akademik dan Dosen Pembimbing Lapangan.

Sementara itu,  tujuan dari SDKM ini adalah untuk memotret permasalahan-permasalahan di kecamatan khusus di desa-desa kecamatan karangkancana dan mahasiswa mampu mengukur dalam memberikan prioritas permasalah masalah dan akar penyebab masalah disetiap desa. Selain itu juga luaran dalam SDKM ini yakni akan membuat profil kesehatan desa laporan permasalahan serta buku profil kesehatan kecamatan dan ada beberapa lagi luaran yang akan dicapai oleh mahasiswa. Sehingga diharapakan dengan hasil tersebut dapat membantu pemerintah kecamatan, desa-desa serta puskesmas terutama dalam permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat.

Turut serta dalam kegiatan tersebut yakni Perwakilan Camat Karangkancana, Perweakilan Kapolsek Ciwaru, Kepala Puskesmas, Yuyu Yuningsih, S.ST, Bidan Desa, Kepala Desa, serta para mahasiswa dan Dosen STIKes Kuningan tampak antusias dan semangat mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir.

Sementara itu, Iwan Kuswandi S.E  selaku perwakilan Camat Karangkancana berharap dengan kehadiran teman-teman mahasiswa dan mahasiswi dapat memberikan warna baru dimasyarakat, khususnya dapat memotret terkait dengan pemasalahan kesehatan yang saat ini dirasakan atau bahkan terjadi di masyarakat, serta dapat membantu kecamatan dalam mendata permasalahan yang ada ditengah masyarakat.

Diakhir acara, diberikan penyematan tanda peserta kepada perwakilan dari mahasiswa dan mahasiswi dan di lanjut dengan foto bersama.