[stikku.ac.id] – Dalam rangka menjalani Tatanan Normal Baru / New Normal banyak dari kita yang bertanya-tanya bagaimanakah kesiapan sistem kesehatan daerah menuju era new normal? Oleh sebab itu Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan menyelenggarakan Webinar Serial #6 “Kesiapan Sistem Kesehatan Daerah Menuju Era New Normal” yang berlangsung pukul 10.00 – 12.30 melalui aplikasi Zoom, Kamis (11/06).

Dalam acara tersebut panitia mengundang narasumber hebat dan luar biasa yaitu dr. H. Deny Mustafa, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kab. Kuningan yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan sebuah materi tentang “Implementasi Sistem Kesehatan Daerah dalam Penanggulangan COVID-19 dan Kesiapan Menuju Era New Normal : Studi Kasus di Kabupaten Kuningan”. Kemudian Dr. dr. Deni Kurniadi Sanjaya, DESS selaku Ketua Prodi S2 Kesmas FK-UNPAD/Pakar Sistem Kesehatan Daerah/Dosen Tidak Tetap Prodi S2 Kesmas STIKKU yang menyampaikan materi tentang “Sistem Kesehatan Daerah yang Efektif pada Masa Pandemi dan Era New Normal”.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dibuka oleh Safira Nur Zaharah yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana dalam acara tersebut. Dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemaparan materi yang dimoderatori oleh Fitri Kurnia Rahim, S.KM.,MPHM, Ketua Prodi S1 Kesmas STIKKU dan dilanjutkan di sesi terakhir dengan sesi tanya jawab.

Webinar diikuti oleh 100 orang melalui aplikasi Zoom dan juga ditayangkan secara langsung di Channel Youtube HIMAKESMAS dikarenakan total peserta yang mengikuti webinar tersebut sebanyak 428 yang terdiri dari mahasiswa, civitas akademik maupun non akademik dari seluruh Indonesia. Antusiasme peserta dapat dilihat pada saat sesi tanya jawab dimana banyak sekali peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri dan menjadikan webinar tersebut sangat aktif.

Ketua Prodi S1 Kesmas STIKKU Fitri Kurnia Rahim, S.KM.,MPHM menyampaikan apresiasi serta harapannya setelah webinar tersebut diselenggarakan.

“Terima kasih banyak kepada tim panitia penyelenggara sudah melaksanakan kegiatan webminar serial #6 tersebut dengan sukses serta para pembicara yang sudah bersedia meluangkan waktunya. Tema yang diangkat sangat informatif bagi masyarakat baik akademisi maupun non akademisi agar lebih memahami betul konsep new normal dalam perspektif kesehatan, serta bagaimana seharusnya strategi sistem kesehatan di setiap wilayah terutama sistem surveilance yang perlu ditingkatkan sebagai backbone dalam sistem tersebut.” ungkapnya.

Panitia pelaksana berharap dengan adanya webinar tersebut dapat menambah wawasan kita agar mengetahui bahwa apapun kebijakan yang diterapkan tentunya adalah strategi yang terbaik dalam menghadapi pandemi saat ini serta dapat meningkatkan kesadaran kita semua agar tetap menjaga kesehatan dan menaati peraturan yang berlaku dengan selalu menerapkan protokol kesehatan pada era new normal ini.   (Dita Aprir Riati)