Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
WhatsApp Image 2019 09 30 At 17.28.26

STIKKU Terus Menorehkan Prestasi dalam Kinerja dan Prestasi Mahasiswa

Kuningan – Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik ke-2 di Jawa Barat yang usianya masih muda, STIKes Kuningan sudah menorehkan prestasi yang gemilang baik dalam kinerja dan prestasi mahasiswanya. Tercatat sejak berdiri pada tahun 2006 hingga sekarang usianya mencapai 13 tahun, STIKes Kuningan telah melaksanakan kegiatan wisuda Diploma dan Sarjana STIKes Kuningan ke 11 tahun akademik 2018/2019 dan prestasi akademik baik dosen maupun mahasiswanya.

Saat ini STIKes Kuningan telah berhasil meluluskan sebanyak 303 orang lulusan dari tiga program studi yakni Diploma III Kebidanan sebanyak 84 orang, S 1 Keperawatan sebanyak 178 orang dan  S 1 Kesehatan Masyarakat sebanyak 41 orang. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir sudah banyak prestasi yang telah diraih diantaranya dari sisi kelembagaan, ada 3 program studi baru yakni S1  Kebidanan, Profesi Bidan dan S 2 Kesehatan Masyarkat. Sementara itu untuk akreditasi program studi di STIKes Kuningan telah mendapatkan hasil yang sangat baik untuk program studi Kesehatan Masyrakat dan D III  Kebidanan dengan hasil yang sangat baik pula.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp MH mengatakan bahwa saat ini kampus STIKes Kuningan berada pada posisi ke 250 dalam pemeringkatan Kemenristek Dikti dari 2010 PTN/PTS Non Vokasi secara nasional.

“Alhamdulillah, STIKes Kuningan terus meningkat prestasinya dari tahun ke tahun dan saat ini berada di peringkat ke-2 untuk PTS Kesehatan se Jawa Barat dan Banten dan naik cluster menjadi cluster 3 dan berada di posisi ke 250 utk PTN/PTS Non Vokasi secara nasional. Semua ini berkat kerjasama yang baik civitas akademika di kampus STIKes Kuningan dan stakeholder baik pemerintah maupun mitra perguruan tinggi.” ucap Ketua

Dalam pengembangan sumber daya manusia di STIKes Kuningan terus mendukung para dosen untuk melakukan studi lanjut, diantaranya S 2 sebanyak 5 orang dosen dan S 3 sebanyak 3  orang. Sementara itu STIKes Kuningan juga memiliki 10 orang asisten ahli dan 6 orang Lektordan sudah tersertifikasi sebanyak 19 dosen tersertifikasi pendidik.

Wakil Ketua I bidang akademik, Cecep Heriana, S.KM M.Kes mengatakan bahwa selain capaian prestasi akademik STIKes Kuningan juga memiliki prestasi dosen yang luar biasa.

“Saat ini kami memiliki 2 orang asesor LAMPTKes dan mempunyai 1 orang dosen reviewer penelitian dan pengabdian masyarakat Ristekdikti juga saya bersyukur bisa masuk 10 besar dosen berprestasi LLDIKTI Wilayah 4, selain itu dalam satu tahun 2019 ini ada 2 buku yang telah diterbitkan salah satunya di terbitkan di singapura itulah bukti Dosen STIKKU bertaraf internasional…hal ini membuktikan bahwa STIKes Kuningan tidak hanya mendorong mahasiswanya untuk berprestasi akan tetapi dosen-dosennya pun berprestasi dan berkarya sesuai dengan bidangnya masing-masing.” ujar Cecep saat ditemui di ruangannya

Sebagai kampus inovatif dan berdaya saing unggul, prestasi mahasiswa STIKes Kuningan banyak melahirkan karya dan prestasi ditingkat kabupaten, propinsi maupun nasional.  Beberapa diantarannya adalah Ine Dwi Juniar Kurniawati, Mahasiswi Prodi Kesmas Semester VII berhasil lolos mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI) mewakili Kab. Kuningan ke tingkat Propinsi Jawa Barat , Nina Agustina, Mahasiswi prodi Keperawatan menjadi Duta Baca Kab.Kuningan dan berhasil menulis buku Kuningan Bercahaya bersama pegiat literasi, Dimas Mahendra dan Nur Iman, Duta Mahasiswa STIKKU yang mengikuti program Bakti Nusantara di Kepulauan Natuna menjadi relawan Inspirasi dan Sehat Nusantara. Dianvi Sukma Melati, Mahasiswa prodi Kesmas sebagai Penulis Muda STIKKu dan menerbitkan buku Antologi Cerpen “Perempuan dalam Lukisan.” sedangkan Nabila Amalia Aziz, Mahasiswi prodi Kesmas semester V menjadi penulis Muda STIKKu dan berhasil menerbitkan buku Antologi Puisi “Padang Patah Hati” dan “Menenun Rinai Hujan”.

Melihat begitu banyak prestasi dan capain yang diraih oleh STIKes Kuningan yang terus meningkat, Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO mengungkapkan rasa bangga dan syukuranya atas kinerja dan prestasi yang telah diraih oleh dosen maupun mahassiwa.

“Kami dari YPBHK terus mendukung kinerja dan karir dosen untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan berupaya mendorong prestasi mahasiswa STIKes Kuningan agar lebih maju lagi, yayasan memberikan Apresiasai misalnya pada dosen yang telah menyelesaikan Buku dan Publikasi jurnal ter indeks atau breputasi, sehingga diharapkan  dapat menjadi motivasi bagi dosen dan mahasiswa lainnya.” pungkasnya