[stikku.ac.id] – Sebagai bentuk kepedulian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kuningan kepada tenaga kesehatan yang sedang menangani Covid-19, perwakilan dari STIKes Kuningan menyerahkan bantuan barupa alat pelindung diri (APD) kepada Tim Covid-19 di Rumah Sakit Daerah Gunung Jati Kota Cirebon, hari ini Rabu, (01/04).

Bantuan yang diberikan berupa sepatu boots warna orange, sepatu boots warna kuning, jas hujan warna putih dan Alkohol 96% untuk posko Covid-19, Ruang Isolasi dan Ruang VK di RSD Gunung Jati Kota Cirebon.

Menurut Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp.,MH pemberian bantuan APD ini merupakan wujud kepedulian STIKes Kuningan dalam mendukung penanganan Covid-19 bagi tim kesehatan yang sedang bekerja keras di rumah sakit untuk penanganan dan pencegahan agar tidak menyebar lebih luas, sekaligus wujud kerjasama mitra STIKes Kuningan dengan RSD Gunung Jati Kota Cirebon.

“Kami atas nama civitas akademik STIKes Kuningan terus berupaya untuk ikut mendukung dalam penanganan Covid-19 dibuktikan dengan memberikan dukungan bantuan beberapa alat pelindung diri (APD) kepada tim Covid-19 RSD Gunung Jati Kota Cirebon, semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi tim medis  yang sedang bekerja dan melayani masyarakat dan pemberian bantuan alat pelindung diri (APD) tersebut merupakan implementasi kerjasama mitra STIKes Kuningan dengan Rumah Sakit Daerah Gunung Jati Kota Cirebon sekaligus Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi mahasiswa STIKes Kuningan” ungkap Ketua

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan sejumlah rekomendasi bagi petugas medis dalam menangani pasien yang terduga terinfeksi Virus Corona SARS-COV-2  atau positif Covid-19.

Rekomendasi paling pertama, WHO mengimbau petugas medis menutup bagian mata, hidung dan mulut saat menangani pasien terduga atau positif Covid-19. WHO mengatakan ketiga bagian itu merupakan sarana untuk transmisi filovirus.

Pelindung tersebut bisa menggunakan baju pelindung, masker, sarung tangan, sepatu, dan penutup kepala. Terdapat sejumlah syarat yang ditetapkan sebagai alat pelindung diri ini. (Humas)