Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
SERBA SERBI SDKM DI SELAJAMBE 2019

SERBA SERBI SDKM DI SELAJAMBE 2019

[stikku.ac.id, 06/03/2019] Sejumlah mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Semester 6 Tingkat III STIKes Kuningan sedang melakukan kegiatan Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) yang berlokasi di desa Ciberung Kec. Selajambe Kuningan dari tanggal 18 Februari sampai 14 Maret 2019.

Kepala Desa Ciberung Wawan Wahyu Amperawan secara resmi menerima mahasiswa STIKes Kuningan di aula bale desa Ciberung (18/02) yang akan melaksanakan kegiatan Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) sekaligus Pengalaman Belajar Lapangan I kurang lebih satu bulan lamanya berharap, mahasiswa STIKes Kuningan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkannya di kampus untuk diterapkan kepada masyarakat disini.

“Semoga kegiatan SDKM ini mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimilik mahasiswa dalam merumuskan prioritas masalah kesehatan serta menentukan faktor penyebab prioritas masalah kesehatan tsb.” Ucapnya

Penanggung jawab kegiatan SDKM, Fitri Kurnia Rahim S.KM.,MPHM berharap kepada mahasiswa agar dapat melaksankan tugas dan tanggung jawab dengan baik selama disana.

“Mahasiswa STIKes Kuningan harus dapat menjadi sumber informasi dan contoh yang baik bagi masyarakat di desa Ciberung, Selajambe.” ungkapnya

Selain kegiatan survei ada beberapa kegiatan lainnya yang dikerjakan oleh mahasiswa disana seperti ikut serta dalam kegiatan PIS-PK dari Puskesmas Selajambe, kegiatan penyuluhan mengenai Hipertensi dan pengukuran berat badan (BB), tinggi badan (TB), LILA, lingkar perut dan tekanan darah, senam rutin setiap hari minggu,  penyuluhan serentak kepada siswa SD Ciberung dan SMP 2 Selajambe tentang PHBS, CTPS, Kenakalan Remaja di Era Milenial dan program kali bersih (PROKASIH) di sungai Cijolang.

Ketua Kelompok tim SDKM desa Ciberung, Muhamad Wildan Khaerudin saat dihubungi mengatakan bahwa kegitan ini adalah salah satu bentuk silaturahmi dan kerjasama antara STIKes Kuningan dengan desa-desa yang ada di kecamatan Selajambe.

“Saya berharap masyarakat desa Ciberung dapat menjaga dan meningkatkan derajat kesehatannya, yang tadinya sakit menjadi sehat dan yang sehat tetap terus sehat sehingga masyarakat  dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam setiap aspek kehidupannya.” terangnya

Beberapa perangkat desa dan warga disana sangat bersyukur karena dapat berkolaborasi dengan mahasiswa STIKes Kuningan dalam meneliti, mengamati derajat kesehatan yang sesungguhnya terjadi di desa Ciberung. Mereka menunggu kontribusi dan inovasi dari mahasiswa STIKes dan pemecahan masalah kesehatan di desa Ciberung.