[stikku.ac.id] – Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Stikes Kuningan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi Kesehatan Dan Ketahanan Keluarga Berbasis Gender” yang dilaksanakan pada hari Selasa (20/10) melalui aplikasi yang banyak digunakan saat ini yaitu Zoom Cloude Meeting dan Streaming Youtube dimana semua kalangan dapat mengakses dan dapat mengikuti seminar ini tanpa harus saling bertemu secara langsung dan aplikasi ini sangat membantu dikala Social Distancing saat ini.

Penerapan gender oleh bidan untuk mengoptimalkan kesehatan dilakukan dengan cara memberdayakan masyarakat / perempuan, pemberian pendidikan, informasi, analisis kebutuhan. Sehingga dapat terwujud keluarga yang mandiri dan melakukan evaluasi. Peran/ Keberdayaan perempuan dalam keluarga yaitu Membangun citra diri perempuan, Membangun keluarga bahagia (mewujudkan 8 fungsi keluarga yag merupakan prasyarat acuan dan pola hidup setiap keluarga dalam rangka terwujudnya keluarga sejahtera dan berkualitas), Keterampilan dasar perempuan dan Kesehatan keluarga.

Acara seminar online berlangsung kurang lebih 3 (tiga) jam mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB, dengan seluruh peserta yang mendaftar sebanyak 2300 peserta, dan acara berlangsung dengan lancar dan antusias dari seluruh peserta. Sesi seminar online dibuka oleh pembawa acara yang dipandu oleh Ibu Fera Riswidautami Herwandar, S.ST.,M.Kes sebagai perwakilan dari Dosen tetap Program Studi (PS) Kebidanan STIKes Kuningan. Sesi selanjutnya yaitu perkenalan PS S1 Kebidanan dan Profesi Bidan STIKes Kuningan yang disampaikan melalui video persembahan karya mahasiswa PS S1 Kebidanan. Acara dilanjutkan sambutan dari H. Abdal Rohim, S.KP.,MH selaku Ketua STIKes Kuningan,

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim S.Kp., MH menyampaikan apresiasi serta harapannya ketika menyampaikan sambutannya saat seminar nasional tersebut berlangsung.“Saya apresiasi dan bangga kepada seluruh panitia yang sudah bisa menyelenggarakan seminar nasional ini dengan baik dan saya harap seluruh peserta dapat ikut serta secara aktif dalam pelaksanaan seminar nasional ini dan dapat mengoptimalisasi kesehatan dan ketahanan keluarga tanpa membeda-bedakan gender dalam mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.” ujarnya.

Dalam sesi pertama acara tersebut pemaparan materi diawali oleh DR. Emi Nurjaami., M.Kes selaku Ketua Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia, menyampaikan dengan tema “Peran Bidan Dalam Meningkatkan Kesehatan Keluarga Berbasis Gender”, yang dimoderatori oleh ibu Ai Nurasiah, S.ST.,MKM selaku Ketua Program Studi S1 Kebidanan STIKes Kuningan. lalu dilanjut sesi kedua pemaparan materi oleh Bapak Trisman Supriatna., S.Pd., M.Pd selaku Kepala Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Kuningan, dengan tema “Optimalisasi Ketahanan Keluarga melalui Pemberdayaan Perempuan” yang dimoderatori oleh ibu Mala Tri Marliana, S.ST.,M. selaku Ketua Program Studi D3 Kebidanan STIKes Kuningan dan dilanjutkan di sesi terakhir tanya jawab.

Jumlah pendaftar Seminar online sebanyak 1300 peserta tetapi sebanyak 300 peserta mengikuti melalui aplikasi Zoom selebihnya peserta mengikuti Channel Youtube STIKes Kuningan juga ditayangkan secara langsung, seluruh peserta yang terdiri dari mahasiswa, tenaga kesehatan dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia. Antusiasme peserta dapat dilihat pada saat sesi tanya jawab dimana banyak sekali peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri dan menjadikan seminar nasional tersebut sangat aktif.

Panitia pelaksana berharap dengan adanya seminar nasional online tersebut dapat menambah wawasan kita agar lebih mengetahui dan memahami bagaimana cara mengoptimalisasikan kesehatan dan ketahanan keluarga tanpa membeda-bedakan gender. (Siti Nunung Nurjannah, S.ST.,MKM).