[stikku.ac.id] – Sebanyak 273 mahasiswa dan 15 pembimbing dari Dosen dan Staf STIKes Kuningan mengunjungi Baduy Luar yang berada di Kampung Lembah Barokah Desa Bojongmenteng Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten, untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, Rabu (12/02).

Menurut ketua panitia, Didin Saefudin, SP mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan Bidang Kemahasiswaan STIKes Kuningan dalam rangka memperkenalkan kampus STIKes Kuningan kepada masyarakat dengan kegiatan-kegiatan bakti sosial dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat serta mengenalkan budaya kampung tersebut kepada mahasiswa.

Hadir juga Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Heri Hermansyah, S.Kep., Ners., MKM yang datang memberikan sejumlah bantuan berupa tikar untuk kebutuhan masyarakat dan bantuan materi untuk fasilitas MCK bagi masyarakat di kampung Lembah Barokah.

Dari informasi yang didapatkan panitia bahwasanya desa tersebut merupakan penduduk yang keluar dari area Baduy Dalam karena kelebihan daya tampung, sehingga mereka memilih untuk menjadi Mualaf dan mereka diberikan lahan oleh Pemerintah dan dijadikan oleh Kampung Ekowisata.

Selain mengunjungi kampung Baduy Luar, para mahasiswa juga memberikan penyuluhan tentang Stunting, PHBS dan Gizi yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat. Muhammad Fajar Sidiq, mahasiswa jurusan S1 Keperawatan yang mengikuti acara pengmas merasa sangat terkesan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.

“Kegiatan yang sangat mendidik bagi mahasiswa STIKes Kuningan khususnya bagi diri saya sendiri, karena selain kita dapat belajar sambil berekreasi kita juga dapat mengenal lebih dalam tentang budaya suku Baduy Banten. Mulai dari gaya hidupnya serta mengetahui bagaimana adat dan kebiasaan mereka selama menjalani kehidupan yang sangat jauh dari teknologi” ucapnya.