Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
WhatsApp Image 2019 05 02 At 10.05.24

Mahasiswa Kesmas Semester VIII Sukses Mengadakan Seminar Profesi Bertema Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Industri

[stikku.ac.id] – Mahasiswa program studi kesehatan masyarakat semester VIII telah berhasil mengadakan seminar profesi “Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Industri” yang bertempat di aula STIKes Kuningan, dan dibuka dengan Safety Induction oleh Tim Mahasiswa Semester VIII Kamis, (02/05).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua I, Cecep Heriana, S.KM, M.PH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa keselamatan dan kesehatan di lingkungan industri sangatlah penting demi menciptakan rasa nyaman dalam bekerja.

“Kami menyambut baik kegiatan seminar profesi kesehatan masyarakat ini dalam rangka menumbuhkan kesadaran dalam menciptakan lingkungan yang aman dan sehat dalam bekerja, khususnya yang bekerja di bidang industry.” ucapnya

Selanjutnya ketua panitia, Rika Ayu Fauziah menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan seminar ini terdiri dari dua bagian yakni, pertama, pemaparan hasil analisis studi lapangan magang di beberapa perusahaan daerah Kuningan, Cirebon, Majalengka dan Bandung. Kedua, pemaparan materi tentang “HSE (Health, Safety, environment) dan peran tenaga kesehatan masyarakat di era revolusi industri 4.0” dengan narasumber M. Fadri Al-Baihaqi, S.KM, MH dari HSE PT/JAPFA.

Terpisah, sebagai rangkaian kegiatan Seminar Profesi Kesehatan Masyarakat “Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Industri”, digelar juga “Students Poster Exhibition” atau Pameran Poster Hasil penelitian PBL semester V dan hasil analisis studi lapangan pada mata kuliah magang semester VII.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kultur ilmiah di kampus STIKKu sehingga mahasiswa dapat terstimulus untk mempublikasikan hasil penelitian dalam kegiatan ilmiah. Selain itu, mahasiswa distimulus untuk dapat berpikir kritis mengembangkan gagasan yang inovatif dlm mengatasi berbagai masalah yg ditemukan dari hasil studi kasus pada kegiatan PBL di masyarakat maupun magang di perusahaan.

Dari 30 poster magang dan 7 poster PBL tang telah dinilai oleh reviewer Icca Stella Amalia, S.KM,. M.PH dan Andy Muharry, S.KM, M.PH maka ditetapkan 3 poster terbaik untuk kegiatan PBL dan magang. Adapun penerima penghargaan poster terbaik yaitu :

Untuk Kegiatan Magang :
Juara 1 : Vemmy T.
Juara 2 : Ine Nurmala
Juara 3 : Ginny Kencana P.

Untuk Kegiatan PBL :
Juara 1 : Kelompok Desa Cantilan
Juara 2 : Kelompok Desa Ciberung
Juara 3 : Kelompok Desa Kutawaringin

Diakhir kegiatan, Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan, Nissa Noor Annashr, S.KM, M.KM mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua mahasiswa semester VIII yang telah sukses menyelenggarakan seminar tersebut