[stikku.ac.id] – Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan yang sedang melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di Desa Bangunjaya mengadakan penyuluhan terkait penyakit COVID-19 yang sedang viral pada hari Minggu, (15/3/2020).

Tujuan diadakannya penyuluhan ini yaitu sebagai bentuk pencegahan kepada masyarakat agar terhindar dari virus tersebut dan bisa selalu menjaga kesehatan. Antusiasme masyarakat sangat baik, dapat dilihat dari partisipasi masyarakat yang hadir yaitu hingga mencapai 100 orang lebih yang terdiri dari perangkat desa, bidan desa, kader posyandu, pemuda dan masyarakat dari berbagai usia.

Bertempat di Aula Balai Desa Bangunjaya, pukul 16.00 WIB acara dimulai dengan sambutan oleh kepala desa Bangunjaya, dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa STIKes Kuningan karena telah berinisiatif untuk mengadakan penyuluhan terkait virus Corona ini. “Semoga dengan adanya penyuluhan ini tentunya dapat memberi edukasi kepada masyarakat khususnya terkait pencegahan penyakit covid-19.” ucap Kepala Desa

Penyampaian materi dilakukan melalui slide power point yang disampaikan oleh Resa Listihani (perwakilan mahasiswa PBL) dan beberapa tampilan video sehingga tidak membosankan agar masyarakat bisa lebih memahami secara singkat penyebaran virus corona. Materi yang disampaikan yaitu terkait deskripsi penyakit covid-19, tanda dan gejala dan cara pencegahannya. Dilanjutkan peragaan terkait langkah mencuci tangan yang baik dan benar, etika batuk dan bersin juga cara menggunakan masker yang baik

Saat penyuluhan, masyarakat memperhatikan dengan seksama dan berpartisipasi aktif saat sesi tanya jawab berlangsung. Rangkaian acara berjalan dengan kondusif dan lancar hingga acara selesai tepat pada pukul 17.15 WIB.