BEM STIKKu Selenggarakan Acara Musyawarah Mahasiswa (MUMAS)

BEM STIKKu Selenggarakan Acara Musyawarah Mahasiswa (MUMAS)

Musyawarah Mahasiswa (MUMAS) adalah kegiatan rutin setiap tahun (1 Periode) masa kepemimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan. MUMAS diselenggarakan oleh BEM STIKes Kuningan dengan Panitia berjumlah 15 orang dari anggota Komisi Pemilihan Raya STIKes Kuningan (KPRS). Dilaksanakan pada hari Jumat 29 - 30 Juni 2018 Pukul 16.00 – 04.30 WIB, yang bertempat di Ruang Seminar STIKes Kuningan.

MUMAS dihadiri oleh BEM periode 2017/2018 yaitu BEM Restorasi, BEM Formatur, Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), Perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), Komunitas, dan Perwakilan Prodi dari tiap angkatan. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta sejumlah 63 orang dan 13 orang panitia.

Pembukaan dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan susunan acara Pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne STIKKU, sambutan dari Azay Zayinul Waddin selaku Ketua BEM Restorasi, Raynal Aldy Gunawan selaku Ketua BLM, dan Bapak Abdal Rohim, S.Kp., M.H selaku Ketua STIKKU. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada BEM Restorasi yang telah banyak berpartisipasi dan mengorbankan tenaga serta pikirannya demi menyukseskan setiap kegiatan yang diadakan di STIKes Kuningan. Juga ucapan selamat kepada BEM Formatur, beliau berpesan semoga kepengurusan kali ini bisa lebih baik lagi dan amanah dalam mengemban tugasnya.

“Dahulu ada sebuah perahu yang berlabuh, saya dipercaya menjadi nahkodanya. Berlayar bersama awak-awak kapal lainnya. Kini, perahu itu kembali berlabuh di pulau yang baru dan sekarang kalianlah yang akan menjadi nahkoda dan awak kapalnya. Bawalah perahu ini berlayar ke pulau-pulau selanjutnya yang lebih indah. Karena pelayaran ini bukan soal hasil, tapi perjalan yang begitu indah.” Ujar Azay.

Acara dilanjutkan dengan istirahat hingga pukul 19.30 WIB. Ada 5 sidang pleno yang dilaksanakan, di dalamnya terdapat pembahasan Tata Tertib Acara dan pemilihan presidium tetap yaitu Ine Dwi J.K., Asep Iskandar dan Aang Sopyan. Dilanjutkan dengan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) BEM Restorasi STIKes Kuningan, pemilihan Ketua BLM melaui voting yang dimenangkan oleh Asep Iskandar, pembahasan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) BEM dan KPRS.

Pada saat acara berlangsung, seluruh peserta dan panita mengikuti jalannya acara dengan baik dan tertib. Banyak peserta yang aktif mengemukakan pendapatnya, menyanggah dan tanya jawab bahkan terjadi sebuah perdebatan yang membuat suasana semakin hidup dan semakin memanas seiring berjalannya malam. Meskipun ada perdebatan karena adanya perbedaan pendapat diantara dua orang atau lebih namun acara ini tetap berlangsung dengan aman, damai dan terkondisikan.

Dengan diadakannya acara ini, mahasiswa dituntut untuk aktif dan dapat mengemukakan pendapatnya serta melatih diri untuk bagaimana dapat berbicara di muka umum dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga belajar bermusyawarah untuk mencapai mufakat dalam menentukan/menetapkan suatu hal dan permasalahan yang terjadi. Acara diakhiri dengan Doa/Penutup yang ditutup oleh Presidium.