Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
WhatsApp Image 2019 06 30 At 11.35.14

BEM dan UKM Pers STIKes Kuningan Sukses Menggelar Cerita Dalam Visual Seminar Nasional Health Cinematography & Design 2019

Kuningan – Badan Eksekutif Mahasiswa STIKes Kuningan berkolaborasi dengan UKM Pers Mahasiswa STIKes Kuningan sukses menggelar acara “Cerita dalam Visual Seminar Nasional Health Cinematography & Desain 2019″ yang bertempat di Gedung Sanggariang, Kuningan, Sabtu (29/04/2019).

Acara ini diikuti oleh 300 orang peserta yang tidak hanya berasal dari internal mahasiswa STIKes Kuningan namun juga terdiri dari mahasiswa Perguruan Tinggi lainnya dan siswa/siswi SMA/SMK yang ada di kabupaten Kuningan. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ketua Pelaksana, Enok Cucu Suciani menyampaikan laporan kegiatan tersebut. Dalam laporannya, Ia memaparkan bahwa tujuan diadakannya seminar ini yaitu untuk untuk menambah wawasan dan kemampuan yang harus dimiliki seseorang di era revolusi industri 4.0 yakni mengenai desain dan videografi, menggali potensi peserta di bidang sinematografi dan design serta menumbuhkan minat dan motivasi berkarya dalam dunia komunikasi digital art.

Abdal Rohim, S.Kp.,MH selaku Ketua STIKes Kuningan membuka secara resmi dan juga berkesempatan menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan agar mahasiswa STIKes Kuningan harus lebih meningkatkan rasa ingin tahu di bidang teknologi informasi khususnya dalam pembuatan desain, karena sebagai tenaga kesehatan keterampilan dan keahlian di bidang itu juga diperlukan mengingat saat ini telah berada pada jaman milenial di era revolusi industri 4.0.

“Saya berharap kepada semua Mahasiswa STIKes Kuningan agar meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi informasi di era revolusi Industri 4.0, dan saya sangat mengapresiasi kepada seluruh panitia yang telah berhasil menyelenggarakan acara seminar ini. Harapannya, semoga kegiatan ini kedepannya bisa diadakan dan lebih ditingkatkan lagi bahkan menjadi semacam kegiatan workshop,” ujar Abdal Rohim, S.KP M.H.

Beranjak pada acara inti yaitu pemaparan dari ketiga pemateri yang didampingi oleh moderator dan diawali dengan pemaparan keynote speaker yang disampaikan oleh Cecep Heriana, S.KM., M.PH, Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat sekaligus Wakil Ketua 1 bidang Akademik STIKKU yaitu tentang “Penggunaan Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran dan Promosi Kesehatan di Era Revolusi Industri 4.0.

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa sebagai tenaga kesehatan kita harus melek teknologi informasi dan mengikuti perkembangan revolusi industri 4.0 karena dalam menyampaikan materi-materi kesehatan kita perlu terampil khususnya dalam pembuatan media penyampaian promosi kesehatan.

Sesi selanjutnya yakni materi dari Yogi R. Arigi, CEO Sabtu Pagi Creative yang memaparkan materi tentang “How to Communicate a Great Graphic Design”. Dari materi yang disampaikan kita diajarkan bagimana membuat desain yang baik melalui lima komponen penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan desain yaitu copy writing, font, warna, image dan komposisi dan diakhir materi tentang “Basic of Cinematography : Rekam, Edit, Share) yang disampaikan oleh Benny Kadarhariarto, CEO Cinematography Indonesia. Pada saat penyampaian materi, beliau juga menyelingi dengan pemutaran beberapa video hasil karyanya yang tentunya telah melewati proses panjang mulai dari rekam, edit hingga tahap akhir yaitu share sehingga menghasilkan video luar biasa yang mampu menarik perhatian peserta.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan kondusif dan lancar. Peserta terlihat memperhatikan dengan seksama pemaparan materi dari awal sampai akhir, dibuktikan dengan beberapa peserta yang mampu me-review setiap materi yang telah disampaikan. Selain itu antuasiasme peserta juga terlihat saat dibuka sesi tanya jawab sehingga dibuka sampai dua termin. Tepat pada pukul Acara berakhir pada pukul 12.15 wib dan ditutup dengan sesi foto bersama serta penyerahan plakat kepada narasumber.