(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Public Health Innovation Conference (PHIC) 2024 yang diselenggarakan oleh Program Magister Kesehatan Masyarakat STIKKU adalah event ilmiah awal tahun untuk memberikan kesempatan kepada insan akademik mendiskusikan dan menyampaikan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2023 di Hotel Grand Cordella Kuningan yang dibuka oleh Cecep Heriana, S.KM.,MPH.,Ph.D yang merupakan Wakil Ketua I Bidang Akademik sekaligus Ketua Panitia. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan PHIC dilaksanakan yaitu karena Inovasi pelayanan kesehatan dan kesehatan masyarakat pedesaan adalah keunggulan dan keunikan Program Studi ini. Keunggulan ini didukung dengan penyelalenggaraan proses pembelajaran dengan metode Project Based Learning yaitu Proyek Lapangan yang merupakan implementasi dari Outcome Based Education (OBE).

Hasil dari dua proyek lapangan ini adalah Laporan dan Publikasi ilmiah yang disampaikan dalam forum ilmiah seperti PHIC ini. Kegiatan dibagi dalam 4 sesi utama yaitu panel season, paralel season, poster presentation dan oral presentation. PHIC menghadirkan Keynote Speaker Assoc Prof. Dr. Neeraj Kak dari Howard University Amerika Serikat yang menyampaikan terkait digitalisasi dalam pelayanan kesehatan. Selain itu menghadirkan 4 pembicara yaitu Dr. Esty Febriani, Dr. Mamlukah, Dwi Nastiti Iswarawanti dan Cecep Heriana,Ph.D

Selain itu pada sesi pertama dan kedua kegiatan ini. PHIC juga mengundang pembahas dari Dinas Kesehatan Kab Kuningan yang diwakili oleh dr. Eva Maya, M.M selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Majalengka dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan H.Agus Susanto, S.Sos.,M.Si. pada sesi ketiga dilakukan presentasi Oral dan Poster. Peserta yang hadir baik secara online maupun offline sebanyak 80 peserta. Sebanyak 20 peserta presentasi Poster dan sebanayk 22 peserta presentation oral dan 48 peserta umum. Pada saat ini juga dilaunching peminatan baru di S2 Kesmas STIKKU yaitu MRS dan EpidemiologI. Melengkapi peminatan sebelumnya yaitu Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) dan Kebijakan dan manajemen pelayanan kesehatan (KMPK). Di akhir sesi diberikan penghargaan the Best oral presentation dan the best poster presentation kepada para peserta.

Kegiatan ini ditutup oleh Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan yaitu Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia, narasumber, peserta dan sponsor yang telah mendukung kegiatan ini. Selain itu ketua yayasan mengharapkan kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan suasana akademik di STIKKU dan tentu menghasilkan banyak publikasi ilmiah, sehinga akan meningkatkan reputasi publikasi. Sukses untuk S2 Kesmas STIKKU!