(0232) 875847 [email protected]

[stikku.acid] – Kegiatan Pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh Dosen tetap STIKes Kuningan dengan melibatkan mahasiswa program studi profesi bidan dengan tema “Penyuluhan dan Deteksi Tumbuh Kembang pada Balita”. Program kegiatan pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 35 orang ibu balita anggota Posyandu dan 4 kader kaduagung kecamatan karankancana pada tanggal 28 Agustus 2023

Pengetahuan dan keterampilan harus dimiliki sang ibu karena balita diperlukan perlakuan khusus, terutama sistem stimulasi. Maka diharapkan kader selain terampil memantau pertumbuhan balita dengan melakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan , sebaiknya kader juga dapat melakukan pemantauan perkembangan balita yaitu deteksi dini tumbuh kembang lewat pengabdian masyarakat ini yang bertujuan untuk melakukan pelatihan kepada kader posyandu balita diharapkan dapat melakukan deteksi dini secara rutin pada balita di wilayahnya.

Kemudian Materi penyuluhan diberikan oleh Ibu Ai Nurasiah., S.ST.,MKM  tentang Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak dan dilanjutkan dengan penyuluhan pemenuhan asupan gizi oleh ahli gizi dari puskesmas setempat, karena Asupan gizi pada anak sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang mereka. Nutrisi yang sesuai dengan usia akan membantu memaksimalkan pertumbuhan  dan perkembangannya. Dalam kegiatan ini juga diikutsertakan mahasiswa yang bertugas membantu mendemonstrasi makanan yang sesuai dengan kebutuhan asupan gizi balita.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini dilakukan karena hal ini merupakan program pemerintah bahwa posyandu dapat memonitoring tumbuh kembang balita dan menemukan sendini mungkin apabila ada hambatan/kelainan pada bayi balita.