(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) merupakan proses belajar mahasiswa dalam melakukan diagnosis komunitas masalah kesehatan di masyarakat. Dalam melakukan diagnosis kesehatan, Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat  dan melakukan pendekatan pada masyarakat.

Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) merupakan kegiatan penelitian kepada masyarakat terkait kasus kesehatan  yang terjadi dilingkungan atau disekitar masyarakat tersebut. Desa Sukasari merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Desa Sukasari ini merupakan salah satu desa yang terpilih sebagai lokus Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) STIKes Kuningan.

Kegiatan SDKM dilaksanakan dengan maksud dan tujuan agar mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam merumuskan prioritas masalah kesehatan serta menentukan alternatif pemecahan masalah. Metode yang dilakukan pada saat SDKM yaitu melakukan survei dengan instrumen kuisioner yang diberikan oleh kampus. Setelah melaksanakan SDKM didapatkan 3 prioritas masalah yaitu Hipertensi, Sampah serta SPAL.

Berdasarkan hasil Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) didapatkan hasil prioritas masalah yang diangkat yaitu terkait Hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan penting di seluruh dunia karena prevalensinya yang cukup tinggi dan terus meningkat serta hubungannya dengan penyakit kardiovaskuler, stroke, retinopati, dan gagal ginjal. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di Desa Sukasari didapatkan 75 responden yang mempunyai riwayat hipertensi, dengan riwayat penyakit paling tinggi diantara penyakit lainnya. Permasalahan tersebut menjadi hal yang perlu diwaspadai dan perlu digali lebih lanjut mengapa di Desa yang asri ini penderita Hipertensi cukup banyak. Penyebab tingginya penyakit Hipertensi di Desa Sukasari karena pola makan dan perilaku hidup. Oleh karena itu, alternatif pemecahan masalah yang diberi nama “POSKES ESENSI (Pos Kesehatan Kelas Senam Hipertensi Desa Sukasari)” ini dilakukan dalam upaya pencegahan penyakit Hipertensi. Senam hipertensi merupakan olah raga yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan aliran darah dan pasokan oksigen ke dalam otot-otot dan rangka yang aktif khususnya otot jantung sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Tim PBL Desa Sukasari memberikan solusi terkait permasalahan tersebut yaitu pengaktifan kembali PORMASI (Posyandu Remaja Desa Sukasari) dan POLANSI (Posyandu Lansia Desa Sukasari) serta membentuk POSKES ESENSI (Pos Kesehatan Kelas Senam Hipertensi Desa Sukasari). Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2023 di Gedung Posyandu Desa Sukasari. Kegiatan tersebut juga akan rutin dilakukan sebulan sekali di Gedung Posyandu Desa Sukasari.

Selain intervensi terkait Hipertensi, tim PBL Desa Sukasari juga memberikan intervensi terkait pencegahan stunting yang diberi nama “PMT Rolade Bahutel Kancing Merah (Pemberian Makanan Tambahan Rolade isi Bayam, Tahu, Worel sebagai upaya Gerakan Pencegahan Stunting untuk Masa Depan Cerah)”. Intervensi tersebut dilakukan dalam upaya pencegahan stunting yang nantinya inovasi pembuatan makanan tambahan tersebut bisa diimplementasikan oleh seluruh masyarakat khususnya oleh Ibu-ibu Kader dan Ibu-ibu yang memiliki balita.

Tak hanya melakukan SDKM dan Intervensi, kami juga mengikuti beberapa kegiatan sosial yang ada di Desa Sukasari serta pembuatan beberapa program. Seperti :

  1. Pengantin Harum Sari (Pengajian Rutin Hari Jum’at Desa Sukasari)
  2. Program Mengaji “Anak Cemara” (Anak Cerdas Bersama Al-Qur’an)
  3. Program Mengajar Anak SD “Penyuluhan CTPS TEPUNG SELACI PUPUT dan Makanan Bergizi ISI PIRINGKU”
  4. Ikut Serta Dalam Kegiatan Kerja Bakti

Respon masyarakat Desa Sukasari dalam berbagai kegiatan yang dilakukan sangat antusias sekali. Ada hal menarik yaitu intervensi atau solusi pemecahan masalah Senam Hipertensi ini tidak hanya dilakukan di Desa Sukasari saja. Namun, untuk kedepannya akan dilakukan di Puskesmas Karangkancana juga sebagai alternatif pencegahan penyakit Hipertensi.

Kelompok 3 PBL Sukasari

Dosen Pembimbing Akademik : Cecep Heriana, SKM., MPH, Indrayani, SKM., MKM

Dosen Pembimbing Lapangan : Anton Prihartono, S.Kep

Anggota Kelompok : Yadi Selamet Riyadi (Ketua), Milnasari (Wakil Ketua), Ghina Maulani Apriyana (Sekretaris 1), Ila Neneng Hasanah (Sekretaris 2), Nyken Aldona (Bendahara 1), Neng Sisi Yulia (Bendahara 2), Maysa Fazilla (Pubdekdok 1), Widiana Agustin (Pubdekdok 2), Maya Dewi Oktavia (Konsumsi 1), Nurdini (Konsumsi 2), Emilia Nurjannah (Konsumsi 3)