(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Program Studi S1 Keperawatan STIKes Kuningan pada hari rabu tanggal 30 November 2022, telah melaksanakan pengabdian masyarakat melalui kegiatan penyuluhan kesehatan dengan tema’’ Deteksi Dini dan Manajemen Perawatan Masalah Kesehatan Balita dengan Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal’’. Tema yang diangkat sangat relevan dengan masalah saat ini terutama menyikapi tingginya kasus gagal ginjal akut misterius pada balita dua bulan terakhir ini. Sehubungan dengan fenomena tersebut, Program Studi S1 Keperawatan khususnya Departemen Keperawatan Anak berinisiatif untuk mengadakan penyuluhan kesehatan guna meningkatkan pemahaman orangtua yang memiliki balita tentang deteksi dini dan manajemen perawatan masalah kesehatan akibat gangguan ginjal akut.

Program pengabdian masyarakat ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Program Studi sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan balita. Selain itu, pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma dosen yang tidak bisa dipisahkan selain kegiatan pengajaran dan penelitian. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan saat ini sudah terintegrasi dengan pembelajaran dikarenakan tema yang diambil tentang gagal ginjal akut pada balita merupakan bahan kajian yang terdapat dikrikulum pembelajaran.

Kegiatan pengadian masyarakat dilakukan oleh beberapa dosen dari departemen klinik khususnya departemen keperawatan anak, keperawatan maternitas dan keperawatan medikal bedah serta melibatkan mahasiswa semester V Progran Studi S1 Keperawatan STIKKU, yang mana kegiatan  ini serentak dilaksanakan di empat Kecamatan Kabupaten Kuningan. Keempat Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Kadugede, Darma, Nusa Herang dan Kecamatan Darma. Adapun perwakilan Desa yang terpilih dari masing – masing Kecamatan tersebut adalah Desa Bayuning, Desa Haur Kuning, Desa Babakan Mulya serta Desa Sukarasa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari penyuluhan kesehatan, demonstrasi pengobatan herbal, pemeriksaan antropometri seperti penilaian status gizi dan pemeriksaan stunting pada balita. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh 108 balita, 126 ibu, 13 kader dan 15 aparat desa dari keempat Desa terpilih.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat apresiasi yang baik dari peserta penyuluhan maupun dari perangkat desa yang hadir saat kegiatan. Tampak peserta menyimak kegiatan penyuluhan dan demonstrasi pengobatan herbal dengan baik serta antusias dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. Beberapa peserta mengatakan sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Keperawatan STIKes Kuningan. Berdasarkan evaluasi, hampir semua responden meningkat pengetahuan dan keterampilannya terutama dalam hal deteksi dini gangguan fungsi ginjal serta penggunaan obat herbal untuk mengatasi demam batuk pilek yang merupakan gejala tambahan dari penyakit gangguan ginjal akut atipikal progresif yang saat ini meresahkan orangtua yang memiliki balita.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh kepala dan bidan desa serta kader yang hadir, diharapkan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan oleh Program Studi S1 Keperawatan STIKes Kuningan ini bisa dilanjutkan dengan program kesehatan lain serta mampu menghadirkan peserta lebih banyak agar pengetahuan dan keterampilan masyarakat khususnya ibu yang memiliki balita dan para kader semakin meningkat dan terampil khususnya dalam bidang kesehatan serta dalam pemanfaatan pengobatan herbal yang relatif aman pada balita. Semua pihak desa yang mendapatkan kegiatan pengmas menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi bagi Program Studi S1 Keperawatan STIKes Kuningan yang mana telah ikut berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama kesehatan balita. Sebagai ketua pelaksana pengabdian masyarakat, saudara Ns. Nanang Saprudin, S.Kep.,M.Kep  menyampaikan‘’saya mengucapkan terima kasih atas kinerja semuanya yang telah mensukseskan kegiatan pengmas. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar sesuai harapan. Semoga ilmunya bermanfaat dan menjadi amal ibadah untuk kita semua. Teruslah berbagi ilmu dan berkarya. Sukses untuk semuanya. Amiiin.