Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
ALUMNI STIKES KUNINGAN BERHASIL LULUS SELEKSI BEKERJA DI JEPANG

ALUMNI STIKES KUNINGAN BERHASIL LULUS SELEKSI BEKERJA DI JEPANG

STIKKU, Kuningan – Kabar gembira dan sekaligus membanggakan telah diterima oleh Civitas Akademika STIKes Kuningan, dari 331 calon Nurse dan Careworker peserta program IJEPA-11 terdapat dua alumni STIKes Kuningan yang berhasil lulus seleksi untuk bekerja di Jepang. Kedua alumni tersebut adalah Diah Nurzanah, S.Kep dan Yulis Pratiwi, S.Kep yang merupakan alumni STIKes Kuningan Program Studi Keperawatan lulusan tahun 2016.

Diah dan Yulis sebelumnya bergabung dengan LPK Bahana Inspirasi Muda pada awal tahun 2018 untuk mengikuti seleksi Program IJEPA yang merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Jepang. Program IJEPA (Indonesia Japan Economic Partnership Agreement) merupakan kerja sama “G to G” (Government to Government) antara pemerintah Indonesia dan Jepang dalam mengirimkan tenaga kerja profesional Indonesia di bidang keperawatan untuk bekerja di Jepang, yang sudah berjalan sejak tahun 2008. Perawat dari berbagai daerah di Indonesia berkesempatan untuk bekerja di rumah sakit dan panti lansia yang tersebar di seluruh kota di Jepang dan mendapatkan banyak keuntungan seperti penghasilan yang baik, tempat kerja yang aman dan kondusif, dan kesempatan untuk bekerja atau berkarir dalam jangka waktu yang panjang.

Proses tes seleksi Program IJEPA memiliki tahapan-tahapan sebagai berikut :

  1. Pendaftaran dokumen
  2. Seleksi administrasi oleh BNP2TKI
  3. Psikotest dan test kemampuan dasar
  4. Interview, Japanese Quiz dan Aptitude Quiz
  5. Proses Matching yang merupakan proses penentuan lokasi panti lansia atau rumah sakit tempat para calon perawat dan careworker bekerja di Jepang nanti.

Sebelum dinyatakan lulus seleksi untuk bekerja di Jepang sebagai Careworker, mereka telah menyelesaikan tahapan pelatihan oleh BNP2TKI dan JICWELS selama 6 bulan di Jakarta yang berakhir pada awal bulan juni 2018, dan pada tanggal 5 dan 6 Juni 2018 para peserta yang telah lulus seleksi tersebut diberangkatkan ke jepang untuk menempuh pelatihan lanjutan selama 6 bulan yang diselenggarakan oleh pemerintah Jepang.

Alumni LPK Bahana Inspirasi Muda yang telah lulus seleksi IJEPA-11 (2017)