Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id

Sesuai dengan fungsi dan peran perpustakaan perguruan tinggi, maka UPT Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU) diperuntukkan bagi:

  1. MahasiswaSTIKKU
  2. Dosen dan KaryawanSTIKKU
  3. Masyarakat dari LuarSTIKKU

Pelayanan aksesibiltas dan pemanfaatan perpustakaan dilayani oleh sistem informasi perpustakaan. Aksesbilitas dan pemanfaatan pustaka meliputi: (1) waktu layanan, (2) mutu layanan dan (3) ketersediaan elearning dan e-library.

  1.  WAKTU LAYANAN

Perpustakaan dibuka pada setiap hari kerja dari hari Senin s/d Jumat dengan ketentuan sebagai berikut :

a.   Hari Senin s/d Jumat : Jam 08.00 – 16.00 WIB
b.   Hari Sabtu dan Minggu/Hari Besar Nasional : Libur

 

  1. MUTU LAYANAN

Jumlah anggota perpustakaan yang aktif:

Tahun 2014 : 678 Orang

Tahun 2015 : 875 Orang

Tahun 2016 : 956 Orang

 

UPT Perpustakaan menerapkan Standar dan Prosedur Mutu untuk menjamin mutu layanan sebagai berikut:

  • Prosedur Mutu Pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan
  • Prosedur Mutu Pengadaan Koleksi Perpustakaan
  • Prosedur Mutu Pemeliharaan Koleksi Perpustakaan
  • Prosedur Mutu Peminjaman Koleksi Perpustakaan
  • Prosedur Mutu Pengembalian dan Perpanjangan Koleksi
  • Prosedur Mutu Penanganan Peminjaman Hilang
  • Prosedur Mutu Pemberian Keterangan Bebas Pustaka
  • Prosedur Mutu Pengelolaan Data Base Pustaka
  • Prosedur Mutu Penerimaan Koleksi Perpustakaan
  • Prosedur Mutu Pengelolaan Jurnal Berlangganan

Perpustakaan STIKKU memiliki fasilitas yang memadai dari sisi bangunan dan dari isi, mudah diakses oleh semua mahasiswa dan juga oleh dosen.

Perpustakaan STIKKU memberikan akses seluas-luasnya ke informasi ilmiah dengan:

1. Menerapkan sistem pelayanan terbuka (open access) sehingga pemustaka (sivitas akademika) dengan mudah dapat menelusur ketersediaan pustaka secara langsung ke koleksi perpustakaan dan atau melalui catalog online (OPAC) yang tersedia di jaringan internet dan di perpustakaan digital dengan alamat URL: http://digilib.stikeskuningan.ac.id/

2. Menyediakan layanan peminjaman buku

Tabel Lama Peminjaman Buku

No Kategori Jumlah Lama Peminjaman
1 Mahasiswa D3 3 Judul 7 hari
2 Mahasiswa S1 3 judul 7 hari
3 Tenaga Kependidikan 4 Judul 7 hari
4 Tenaga Pendidik/Dosen Tetap 4 Judul 7 hari
5 Tenaga Pendidik/Dosen Tidak Tetap 4 Judul 7 hari

 

Proses peminjaman bahan pustaka dengan menggunakan otomasi perpustakaan.

3. Menyediakan akses full text ke Online Jurnal (koleksi digital /Jurnal Internal dan Luar STIKKU, yang dimanfaatkan oleh mahasiswa dan Dosen serta tenaga kependidikan.

http://jurnal.stikeskuningan.ac.id/

http://qjournal.id/

http://search.proquest.com/

http://search.ebsco.com/

http://infotrac.galegroup.com/itweb/

4. Pemustaka Lain, Disamping itu, perpustakaan memberikan akses pemustaka ke beberapa perpustakaan lain di tingkat lokal melalui kerjasama perpustakaan, di antaranya dengan memanfaatkan Kartu Anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (Kartu Sakti) yang dikeluarkan oleh FPPT Jawa Barat yang dapat digunakan sebagai syarat untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan perguruan tinggi yang sudah tergabung dengan FPPT Jawa Barat. Dan kami juga melakukan MOU dengan perguruan tinggi di bawah ini:

  1. STIKes ‘Aisyiyah Bandung : http://elib.stikes-aisyiyahbandung.ac.id/
  2. STIKes Jendral Achmad Yani Cimahi : http://library.stikesayani.ac.id/

5. Statistik, Pemanfaatan/utilitas yang mendukung studi dan riset sivitas akademika STIKKU dapat dilihat dari statistik berikut ini:

Statistik Jumlah Pengunjung Perpustakaan

Statistik jumlah buku yang dipinjam

6. Layanan Lainnya,

  • Layanan Sirkulasi
  • Layanan Pengembangan Koleksi (pengadaan Bahan Pustaka)
  • Layanan Pengolahan Bahan Pustaka
  • Layanan Koleksi Khusus (Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi)
  • Layanan Jurnal Ilmiah, majalah dan surat k
  • Layanan Referensi
  • Layanan Administrasi
  • Layanan e-Journal dan Otomasi Perpustakaan

Otomasi perpustakaan yang digunakan perpustakaan STIKKU yaitu SLIMS 8 (Akasia).

  • Penerbitan dan Penyebaran Informasi Ilmiah