(0232) 875847 [email protected]

KEGIATAN RUMAH BELAJAR DAN KAKAK ASUH (RUJAK) HIMAKESMAS STIKES KUNINGAN DENGAN FTBM NAGA BANJARAN, KARANGKANCANA

 

Salam Sehat !

Salam Pejuang Kesmas !

Telah terlaksana kegiatan Rumah Belajar Dan Kakak Asuh antara HIMAKESMAS STIKes Kuningan dengan  Forum Taman Baca Masyarakat Naga Banjaran di Desa Banjaran, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan pada hari Minggu, 07, 13 dan 20 Januari 2019.

Program RUJAK ini adalah program baru dan inovasi yang diadakan pertama kali oleh HIMAKESMAS STIKKU. Program ini mengkolaborasikan penyampaian materi kesehatan dengan permainan, video dan dialog interaktif anak-anak dengan pengurus HIMAKESMAS. Supaya kita bisa menjadi kakak asuh bagi anak-anak dalam mengajarkan mereka untuk menerapkan hidup bersih dan sehat dengan metode yang mereka suka.

Peserta yang hadir dalam acara ini ini berjumlah kurang lebih 50 sampai 60 orang anak-anak setiap harinya yang merupakan siswa sekolah dasar setempat.  Dan sekitar 18 orang panitia dari pengurus aktif HIMAKESMAS. Para siswa dan mahasiswa begitu antusias dalam melaksanakan program ini, dikarenakan program ini merupakan pengalaman yang berharga dalam ajang menimba pengalaman supaya terbiasa terjun kemasyarakat dan menyalurkan ilmunya pada anak-anak. Ada tiga materi yang disampaikan dalam tiga pertemuan ini. Minggu pertama mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun Yang baik dan benar. Minggu kedua mengenai makan makanan bergizi. Minggu ketiga mengenai menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak paham dan mempraktekan pola hidup bersih dan sehat dalam keseharian nya. Karena kita semua memegang prinsip ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’ sehingga mereka tahu, mau dan mampu menjaga kesehatan nya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian sertifikat, buku bacaan untuk anak-anak, puluhan pasta gigi serta sabun untuk cuci tangan. Seluruh anak-anak, pengelola FTBM, maupun mahasiswa yang terlibat begitu antusias dalam kegiatan RUJAK ini sehingga kekeluargaan dan kebersamaan begitu kental terasa. Ditambah lagi dengan foto bersama, menambah lengkapnya keceriaan di hari itu. Semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin HIMAKESMAS, dan kegiatan nya pun semakin baik dan bermutu sehingga hasil yang didapat pun semakin maksimal.

HIMAKESMAS 2019!

TO GOLD GENERATION !   INDONESIA SEHAT !

Simak Videonya Disini

 

Wasslamualaikum Wr.Wb