[stikku.ac.id] – Gizi adalah persediaan bahan-bahan atau makanan yang dibutuhkan organisme maupun sel-sel untuk bertahan hidup. Sementara dalam bidang ilmu pengetahuan dan medis, gizi dapat merujuk pada ilmu atau praktik konsumsi serta penggunaan makanan.Tak hanya tentang metabolisme, gizi pun berbicara mengenai bagaimana penyakit yang dapat dicegah atau diminimalkan dengan makanan yang sehat. Dengan demikian, pengertian gizi juga berfokus pada bagaimana cara kita mengenali proses munculnya penyakit yang disebabkan oleh faktor bahan pangan. Mulai dari pola makan yang buruk, intoleransi terhadap makanan, hingga alergi makanan.

Sampai saat ini kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat atau lebih sering dikenal dengan sebutan “New Normal”. Oleh karena itu, kita semua harus tetap melindungi tubuh agar tidak tertular virus dengan melakukan upaya pencegahan seperti dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Makanan yang sehat dan bergizi sangatlah penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kondisi stamina seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor makanan yang ia konsumsi. Saat stamina tubuh seseorang tidak baik maka sistem kekebalan tubuhnya pun menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan menyelenggarakan Webinar Pakar dengan tema “WEJANGAN (Webinar Jaman Now Seputar Gizi Dan Pangan”. Webinar Pakar ini dilaksanakan pada hari Sabtu (31/10) melalui aplikasi yang banyak digunakan saat ini yaitu zoom cloude meeting dan streaming youtube dimana semua kalangan dapat mengakses dan dapat mengikuti seminar ini tanpa harus saling bertemu secara langsung dan aplikasi ini sangat membantu dikala social distancing ini.

Acara webinar berlangsung kurang lebih 2 (dua) jam 30 menit mulai pukul 10.00 – 12.30 WIB, dengan seluruh peserta yang bergabung baik via zoom dan streaming youtube sebanyak 610 peserta dan acara berlangsung dengan lancar dan antusias dari peserta webinar ini. Sesi webinar dibuka oleh pembawa acara yang dipandu oleh Yuli Desi Amalia, S.KM sebagai perwakilan dari mahasiswa S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan. Sesi selanjutnya yaitu sambutan dari Bapak H. Abdal Rohim, S.KP., MH selaku Ketua STIKes Kuningan,

Ketua STIKes Kuningan, bapak H. Abdal Rohim S.Kp.,M.H menyampaikan apresiasi serta harapannya ketika menyampaikan sambutannya ketika webinar pakar tersebut berlangsung.

“Saya apresiasi dan bangga kepada ketua prodi dan seluruh panitia yang sudah bisa menyelenggarakan webinar pakar ini dengan baik. Dan saya harap seluruh mahasiswa, praktisi, tenaga Kesehatan dan seluruh masyarakat yang menyaksikan webinar ini bisa menjaga dan ikut serta secara aktif dalam menjaga kesehatannya dan mempromosikan program 3M”. ujarnya.

Dalam sesi pemaparan materi diawali oleh Bapak Dr. Susianto, MKM (Dosen Pascasarjana Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan, lalu pendiri dan presiden World Vegan Organization (WVO) yang menyampaikan materi tentang “Diet Nabati Untuk Pencegahan & Penanggulangan Penyakit Degeneratif” dan dilanjutkan oleh Pemateri dari Bapak Dr. Seto Mulyadi, Psi., Msi atau yang lebih dikenal dengan Kak Seto yang menyampaikan materi tenntang “Keluarga Sehat di Masa Pandemi COVID-19” yang langsung dimoderatori dan dipandu oleh saudara Muhamad Wildan Khaerudin, S.KM sebagai mahasiswa S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan dan dilanjutkan di sesi terakhir dengan sesi tanya jawab.

Webinar diikuti oleh 431 orang melalui aplikasi Zoom dan juga ditayangkan secara langsung di Channel Youtube Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan kurang lebih sebanyak 189 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan seluruh masyarakat dari seluruh Indonesia. Antusiasme peserta dapat dilihat pada saat sesi tanya jawab dimana banyak sekali peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri dan menjadikan seminar profesi tersebut sangat aktif.

Panitia pelaksana berharap dengan adanya webinar pakar tersebut dapat menambah wawasan kita mengenai diet nabati (vegan) yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Diantaranya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kolesterol, diabetes, hipertensi, obesitas dan penyakit lainnya. Selain itu, kami berharap webinar ini dapat membuat keluarga di rumah agar tetap sehat dan Bahagia. Dengan menerapkan Konsep GEMBIRA (Gerak, Emosi cerdas, Makan seimbang, Beribadah, Istirahat cukup, Rukun dan Aktif berolahraga) – (Wildan).