[stikku.ac.id] – Dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program Generasi Berencana (GenRe) khususnya pengembangan PIK Remaja sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang disebut sebagai Duta GenRe yang diinisasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Duta GenRe sendiri sudah dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia baik di Jawa Barat maupun luar pulau Jawa, dengan harapan mereka dapat mensosialisasikan dan mempromosikan program GenRe dilingkungan remaja secara efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja. Disamping itu, di lingkungan remaja secara umum, ikon Duta GenRe dirasa dapat memberi nilai lebih dalam hal sosialisasi dan promosi program GenRe.

STIKes Kuningan sejak tahun 2017 sudah mencatatkan prestasinya dalam ajang Duta GenRe di Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Berikut prestasi mahasiswa yang pernah menjuarai Duta GenRe Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka diantaranya:

  • Juara 1 Duta GenRe Kabupaten Kuningan atas nama Robi Maulana Tahun 2017
  • Juara 1 Duta GenRe Kabupaten Kuningan atas nama Muhamad Wildan Khoerudin, Mey Ulfah Juara 2 & Juara 3 atas nama Syuaiba

Tahun 2020 kembali STIKes Kuningan (STIKKu) meraih juara 2 & 3 Duta Genre Kabupaten Kuningan atas nama  Nina Agustina dan Indah Nurhasanah, Mahasiswi prodi Keperawatan dan tidak berapa lama wakil STIKes Kuningan kembali meraih Juara 2 Duta Genre Kab. Majalengka atas nama Magfira Maulani, mahasiswi program studi S.1 Kebidanan.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH merasa bangga atas pencapaian prestasi mahasiswa STIKes Kuningan dari tahun ke tahun yang mengikuti Duta GenRe baik di Kuningan maupun wilayah lainnya. Ia berharap Duta GenRe dapat menjadi Role Model bagi generasi muda Indonesia.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Cecep Heriyana, S.KM., M.PH dan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Heri Hermansyah, S.Kep., Ners., MKM yang bertemu dengan para juara Duta Genre Kuningan dan Majalengka disela-sela waktu istirahat di kampus STIKes Kuningan.

“Selamat kepada semua mahasiswi STIKKu yang sudah meraih juara diajang Duta Genre baik di kabupaten Kuningan maupun Majalengka, semoga bisa menambah pengalaman dan mempertahankan prestasi dan dapat dijadikan panutan bagi masyarakat dan teman kalian sendiri. Ukuran keberhasilan seseorang dalam menjalakan kehidupnya adalah berencana dalam sikap dan komitmen.” ucap Cecep

Indah Nurhasanah & Nina Agustina merasa bersyukur atas prestasi yang telah diraihnya saat ini dengan menjadi Duta GenRe Kuningan Tahun 2020.

“Setelah menjadi runner up Duta GenRe kab. Kuningan saya optimis untuk mencerdaskan tentang pentingnya edukasi keluarga berencana karena kini saya mempunyai tim Duta GenRe 2020 yang siap untuk membantu menjalankam program-program bagi remaja di kab. Kuningan untuk itu saya harap kedepannya program saya dan teman teman duta GenRe dapat diterima baik oleh masyarakat khususnya remaja di kab. Kuningan.” ungkap Indah

Sementara itu, Magfira Maulani berharap dengan adanya Duta GenRe semoga bisa menginspirasi untuk yang lainnya terkhusus untuk para remaja di Majalengka dan juga para mahasiswa/i STIKes Kuningan dan juga kedepannya dapat membantu dan meminimalisir resiko terjadinya TRIAD KRR (Seks Pranikah, nikah dini,& napza). Sehingga dapat mewujudkan generasi yang sehat dan juga berkualitas.

Semoga dengan diraihnya prestasi Duta Genre Kuningan maupun Majalengka dapat lebih memperkuat dan mendukung STIKes Kuningan sebagai Kampus Siaga Kependudukan di Kuningan dan Jawa Barat. (Humas)