[stikku.ac.id] – Rangkaian acara Dies Natalis STIKKU XIII tahun ini menghadirkan berbagai macam kegiatan literasi, salah satunya mengadakan bedah buku “Fakta Ajaib Khasiat Tempe” dan “Tempted by Tempeh” karya Dr. Susianto Tseng, MKM yang dilaksanakan di ruang Pasca IKM STIKes Kuningan, Kamis (31/10).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH yang dalam sambutannya mengatakan bahwa acara bedah buku ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis XIII yang fokus pada Book, Best & Bakti yang menjadi jargon tahun ini, dengan harapan seluruh civitas akademika bisa mengambil manfaat dan spirit dalam menumbuhkembangkan minat membaca dan menulis.

“Selamat datang Dr. Susianto, Tseng MKM yang akan menjadi narasumber sekaligus membedah buku Fakta Ajaib Khasiat Tempe dan Tempted by Tempeh, semoga dengan hadirnya bapak bisa menjadi inspirasi bagi kami untuk produktif menulis buku-buku popular ilmiah.” tegas Ketua saat membuka acara bedah buku

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua I Bidang Akademik Cecep Heriana, S.KM,. M.PH,  sejumlah Dosen, Kepala Perpustakaan, Mahasiswa perwakilan dari BEM, Himakep, Himakes dan Himabid STIKes Kuningan yang sangat antusias mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir.

Dr. Susianto Tseng, MKM dalam buku Fakta Ajaib Khasiat Tempe dan Tempted by Tempeh menjelaskan bahwa tempe merupakan produk olahan kedelai  dengan fermentasi Rhizopus oligosporus, yang mengandung tinggi protein, asam amino esensial, vitamin, mineral, karbohidrat, asam lemak (omega 3,6,9), fitokimia (isoflavones, antioxidants, dsb). Rhizopus oligosporus produksi vitamin B, kecuali B12. Klebsiella pneumoniae & Citrobacter freundii  produksi vitamin B12. Klebsiella pneumoniae dan Citrobacter freundii  mutual symbiosis dengan Rhizopus oligosporus. Selain itu tempe juga  mengandung vitamin B12 :  0,15 – 5 µg/100g.

Manfaat yang sangat tinggi jika mengkonsumsi tempe bagi kesehatan diantaranya ; baik untuk pertumbuhan karena tempe mengandung Protein (Asam Amino Esensial ) & Zinc. Sangat baik bagi kecerdasan Otak karena berisi Karbohidrat (Glukosa), Lemak (Asam Lemak Esensial), Protein, Zinc, Zat Besi (Fe), Vitamin B12. Mengatasi Anemia, karena tempe mengandung Protein, Zat Besi (Fe), Asam Folat, dan Vitamin B12. Tempe juga bisa untuk mengatasi gangguan saluran cerna (Diare & Konstipasi) karena mengandung zat Anti Mikroba, Serat, Nonflatulen. Sangat manjur untuk mengatasi penyakit Jantung karena mengandung Asam Lemak Tidak Jenuh, Isoflavones. Mengatasi Penyakit Dislipidemia dengan kandungan Omega 3,6,9. Mengatasi Osteoporosis, karena tempe mengandung Kalsium (Ca). Tempe juga bisa mengatasi penuaan dini dengan zat Isoflavones aglikonnya.

Bedah buku Fakta Ajaib Khasiat Tempe dan Tempted by Tempeh di moderator oleh Fitri Kurnia Rahim, S.KM,. MPHM yang memandu acara dari awal hingga sesi diskusi dengan peserta bedah buku yang begitu antusias bertanya tentang manfaat tempe hingga proses pembuatan hingga penerbitan bukunya.

Ketua pelaksana, H. Jaenal Mutakin, S.Pd mengatakan bahwa acara bedah buku ini merupakan salah satu ikhtiar dalam meningkatkan literasi dikampus STIKes Kuningan.

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan bedah buku di kampus STIKes Kuningan berjalan lancar dengan menghadirkan Dr. Susianto Tseng, sang penulis buku Tempted by Tempe (Tergoda oleh Tempe). Mudah2an ikhtiar kegiatan literasi di kampus ini bisa memberi spirit dan minat membaca dan menulis bagi mahasiswa dan dosen.” pungkasnya.

Tempe from Indonesia for the World – Dr. Susanto Tseng, MKM