[stikku.ac.id] – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan berhasil naik peringkat dari tahun sebelumnya 2019 yang berada di posisi 962, kini di tahun 2020 berada di posisi 809 naik (153 point) Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities 2020.

Webometrics merupakan sistem perangkingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Webometrics Ranking of World Universities dinilai berdasarkan website universitas masing-masing. Webometrics menilai universitas dari empat aspek, yaitu presence, impact, openness, dan excellence.

Presence diukur beradasarkan jumlah situs web, termasuk sub domain yang ada di suatu universitas. Aspek impact dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar. Sementara, openness diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Excellence dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiiah karya civitas akademika universitas tersebut. Pada tahun 2020, STIKes Kuningan meraih 12239 untuk Presence, 21469 Impact, 7357 Opennes, dan 6084 Excellence.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp MH mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak dan civitas akademika yang telah bekerja keras sehingga STIKKU bisa naik peringkat pada tahun ini.

“Terima kasih untuk semua pihak, baik Dosen, Staf dan Tenaga Pendidikan yang telah bekerja keras sehingga kunjungan ke website STIKKu tahun ini meningkat.  pada intinya webometric itu mengukur peringkat berdasarkan kunjungan (traffic), bukan berdasarkan prestasi akademik.” ucap Ketua

Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas. Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi, universitas. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 19.000 lembaga perguruan tinggi di dunia.

Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO, selaku Ketua YPBHK berharap rangking STIKes Kuningan dapat terus meningkat dari tahun ke tahun, sehingga gaungnya STIKKu di media sosial maupun yang mengakses website STIKKu, (www.stikku.ac.id) lebih banyak lagi, Karena sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Untuk dapat melihat hasil pengumuman ranking Perguruan Tinggi versi Webometrics dapat diakses pada laman : http://www.webometrics.info/en