[stikku.ac.id] – Sebanyak 19 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta melakukan penandatanganan kerjasama atau MoU dengan Perpustakaan Nasional. Penandatanganan dilakukan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2020, Selasa (25/02).

Sembilan belas perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Nasional, diantaranya UIN Raden Inten Lampung, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Borobudur, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Universitas Nasional Pasim, Universitas Nasional Pasim, Universitas Nurtanio, Universitas Trilogi, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Institute Teknologi dan Kesehatan Jakarta, Islamic Cultural Center (ICC), STAIN Madina, STIE La Tansa Mashiro, STIEB Perdana Mandiri, STIKES Abdi Nusantara Jakarta, STIKES Kuningan, Tanri Abeng University, Akbid La Tansa Mashiro, Akademi Komunitas Toyota Indonesia dan Akademi Keperawatan Widya Husada.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp MH didampingi Kabag Humas dan Kerjasama, H. Jaenal Mutakin, S.Pd. hadir dalam acara Rakornas Bidang Perpustakaan untuk penandatanganan kerjasama atau MoU dengan Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando.

Nota kesepahaman ini sebagai landasan dalam melakukan kerjasama kegiatan pelayanan, pengembangan, dan pembinaan perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi. Kerjasama tersebut meliputi, pengembangan sumber daya manusia bidang perpustakaan, pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang perpusdokinfo dan perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data Katalog Induk Nasional (KIN) dan repository digital, pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan, pertemuan ilmiah penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan, penghimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR).

Saat ini STIKes Kuningan sedang mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan kampus STIKes Kuningan yang akan dilaksanakan bulan Maret mendatang, sebagai tambahan informasi bahwa selain dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, STIKes Kuningan juga telah menjalin kerjasama dengan Dinas Kearsipan & Perpustakaan Kabupaten Kuningan dan Dinas Perpustakaan & Kearsipan Daerah Jawa Barat dalam bidang Perpustakaan, dan telah meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil untuk Kategori Kampus Pendukung Program Gubernur Jawa Barat dalam Replikasi KOLECER (Kotak Literasi Cerdas) Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Semoga dengan adanya kerjasama ini bisa menguatkan dan menjadikan perguruan tinggi sebagai mitra Perpustakaan Nasional dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (Humas)

Sumber : https://www.perpusnas.go.id