(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Sebanyak 303 lulusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kuningan di wisuda, Kamis (26/09) yang dilaksanakan di Hotel Prima Resort, Kuningan.

Acara Wisuda XI dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan, DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Banten Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Dewan Pembina Yayasan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK), Ketua YPBHK Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO dan sejumlah tamu undangan lainnya hadir mengikuti rangkaian kegiatan Wisuda STIKKu.

Selain itu hadir pula para donatur pemberi Beasiswa, direktur rumah sakit, dan instasi mitra STIKKu se wilayah Ciayumajakuning dan Brebes, para pimpinan perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat, Ketua organisasi profesi wilayah Jawa Barat, dan ketua organisasi profesi daerah kabupaten Kuningan, Cirebon dan Brebes. Tak ketinggalan para orang tua wisudawan dan wisudawati, serta para tamu undangan lainnya.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH mengatakan bahwa ada sebanyak 303 lulusan dari tiga program studi STIKKu yang diwisuda tahun ini, terdiri dari program studi Diploma III Kebidanan sebanyak 84 orang, program studi Keperawatan sebanyak 178 orang dan program studi Kesehatan Masyarakat sebanyak 41 orang.

“Mewakili seluruh civitas akademika STIKes Kuningan, kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan seluruh orang tua/wali atas keberhasilan putera puterinya dalam menyelesaikan studi di STIKes Kuningan.” kata H. Abdal

Saat ini, lanjut Ketua, usia STIKKu sudah 13 tahun. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini, ia bersyukur karena sudah banyak prestasi dan kinerja yang sudah diraih. Diantaranya untuk kelembagaan ada penambahan tiga program studi, yakni S1 Kebidanan, Prodi Profesi Bidan dan prodi S2 Kesehatan Masyarakat.

Kemudian dalam hal peningkatan Kemenristek Dikti, STIKes Kuningan mendapatakn peringkat ke-250 dari 2010 PTN/PTS non vokasi secara nasional dan peringkat ke-2 terbaik PTS Kesehatan se-Jawa Barat Banten. STIKKu juga naik cluster menjadi cluster 3.

Terkait SDM STIKKu, Kata H. Abdal, studi lanjut dosen terdiri dari S 2 sebanyak 5 orang, 3 dosen Keperawatan, 1 dosen prodi Kebidanan, 1 dosen prodi D III Kebidanan, S 3 sebanyak 3 orang, 1 dosen prodi keperawatan dan 1 dosen prodi kesehatan masyarakat (sudah selesai).

Abdal mengucapkan terima kasih kepada, Kepala LLDIKTI wilayah IV Jawa Barat Banten atas bantuan, pengawasan, dan pembinaannya selama ini sehingga STIKKu terus diikutsertakan dalam berbagi kegiatan peningkatan kapasitas institusional. Bahkan pada tahun 2019 ini STIKKu dipercaya menerima Beasiswa Bidik Misi.

Kepada ketua YPBHK beserta seluruh jajaran pengurus, Pembina dan pengawas yayasan, H. Abdal juga mengucapkan terima kasih atas berbagai dukungan moril dan materil dalam pengembangan STIKKu yang pada tahun ini telah merealisasikan harapan memiliki sarana olah raga, yakni lapangan baru dibelakang kampus yang akan bermanfaat bagi STIKKu bagi masyarakat sekitar.

“Kami doakan semoga YPBHK terus diberikan kemudahan dan keberkahan dan tetap menunjukan keberpihakan terhadap upaya peningkatan mutu.” Pungkas H. Abdal