[stikku.ac.id] – Mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat reguler A semester STIKes Kuningan menyelenggarakan seminar profesi Kesehatan Lingkungan dengan tema bagaimana kondisi lingkungan saat ini dan upaya peningkatan imunitas tubuh di era new normal yang dilaksanakan pada hari minggu (19/07) melalui aplikasi yang banyak digunakan saat ini yaitu Zoom Cloude Meeting dan Streaming Youtube dimana semua kalangan dapat mengakses dan dapat mengikuti seminar ini tanpa harus saling bertemu secara langsung dan aplikasi ini sangat membantu dikala Social Distancing saat ini.

Kesehatan lingkungan merupakan faktor penting dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, bahkan merupakan salah satu unsur penentu atau determinan dalam kesejahteraan penduduk. Di mana lingkungan yang sehat sangat dibutuhkan bukan hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk kenyamanan hidup dan meningkatkan efisiensi kerja dan belajar. Sampai saat ini kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada  adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat atau lebih sering dikenal dengan sebutan “New Normal”. Oleh karena itu, kita semua harus tetap melindungi tubuh agar tidak tertular virus dengan melakukan upaya pencegahan seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Makanan yang sehat dan bergizi sangatlah penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kondisi stamina seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor makanan yang ia konsumsi. Saat stamina tubuh seseorang tidak baik maka sistem kekebalan tubuhnya pun menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit .

Acara seminar online berlangsung kurang lebih 3 (tiga) jam mulai pukul 19.30 – 12.30 WIB, dengan seluruh peserta yang mendaftar sebanyak 2600 peserta, dan acara berlangsung dengan lancar dan antusias dari . Sesi seminar online dibuka oleh pembawa acara yang dipandu oleh Chaerun Nisa sebagai perwakilan dari mahasiswa Kesehatan Masyarakat Reguler A STIKes Kuningan. Sesi selanjutnya yaitu perkenalan program studi Kesehatan Masyarakat peminatan kesehatan lingkungan STIKes Kuningan yang disampaikan melalui video persembahan karya mahasiswa.  Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Fitri Kurnia Rahim, SKM., MPHM selaku Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, lalu dibuka oleh H. Abdal Rohim, S.KP., MH selaku Ketua STIKes Kuningan,

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim S.Kp., MH  menyampaikan apresiasi serta harapannya ketika menyampaikan sambutannya saat seminar profesi tersebut berlangsung.

“Saya apresiasi dan bangga kepada seluruh panitia yang sudah bisa menyelenggarakan seminar profesi ini dengan baik dan saya harap seluruh mahasiswa ini bisa menjaga dan ikut serta secara aktif dalam mewujudkan lingkungan kita menjadi lebih baik lagi.” ujarnya.

Dalam sesi pemaparan materi diawali oleh Ine Dwi Juniar Kurniawati, sebagai salah satu perwakilan mahasiswa kesehatan masyarakat reguler A menyampaikan analisis studi kasus kesehatan lingkungan dan gizi di kawasan peternakan dari hasil studi magang nya. Dalam acara tersebut juga panitia mengundang narasumber hebat dan luar biasa yaitu Teni Supriyani, S.SI., MKM (Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Respati Tasikmalaya dan sebagai anggota Forum Indonesia Muda Rescue) yang menyampaikan materi tentang “Dampak Positif Dan Negatif Dengan Adanya Pandemi COVID-19 Terhadap Lingkungan”, lalu dilanjut oleh Dr. Susianto, MKM (Dosen Pascasarjana Kesehatan Masyarakat STikes Kuningan, lalu pendiri dan presiden World Vegan Organization (WVO) yang menyampaikan materi tentang “Peningkatan Imunitas Tubuh Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Covid-19 Di Era New Normal” yang langsung dimoderatori oleh Muhamad Wildan Khaerudin sebagai mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan dan dilanjutkan di sesi terakhir tanya jawab.

Seminar online diikuti oleh 100 orang melalui aplikasi Zoom dan juga ditayangkan secara langsung di Channel Youtube Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan kurang lebih sebanyak 853 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan seluruh masyarakat dari seluruh Indonesia. Antusiasme peserta dapat dilihat pada saat sesi tanya jawab dimana banyak sekali peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri dan menjadikan seminar profesi tersebut sangat aktif.

Ketua Prodi S1 Kesmas STIKes Kuningan, Fitri Kurnia Rahim, S.KM.,MPHM menyampaikan apresiasi serta harapannya ketika menyampaikan sambutannya saat seminar profesi tersebut berlangsung.

“Terima kasih banyak kepada tim panitia penyelenggara sudah melaksanakan kegiatan seminar profesi kesling Reg. A dengan sukses serta para pembicara yang sudah bersedia meluangkan waktunya. Tema yang diangkat sangat informatif bagi masyarakat agar lebih memahami betul tentang dampak pandemi covid-19 terhadap lingkungan dan untuk mengetahui upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh di era new normal ini. Semoga ilmu yg disampaikan pada hari ini bisa dipahami dan dipraktekan bagi seluruh peserta yang hadir dalam seminar profesi ini. ” ungkapnya.

Panitia pelaksana berharap dengan adanya seminar online tersebut dapat menambah wawasan kita agar lebih mengetahui dan memahami kondisi lingkungan saat ini yang bisa menjadi tolak ukur dan memberikan motivasi agar kita semua bisa lebih baik lagi dalam menjaga dan mengelola lingkungan dengan lebih baik lagi serta dapat senantiasa menjaga kesehatan diri dan masyarakat agar dapapt mencegah dan menanggulangi covid-19 di era new normal ini. (Kadarismah).