[stikku.ac.id] – Seiring perkembangan zaman perpustakaan terus mengalami perubahan dan berinovasi melalui program layanan membaca dan aktivitas literasi lainnya yang dilakukan di perpustakaan. Salah satu perubahan yang turut dirasakan positif oleh Perpustakaan STIKes Kuningan adalah diraihnya Akreditasi “B” dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan- Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berkat inovasi dan berbagai program yang dilaksanakan oleh Perpustakaan STIKes Kuningan selama beberapa tahun terakhir.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim menyampaikan ucapan selamatnya kepada pengelola Perpustakaan atas kerja keras dan persiapannya selama ini hingga meraih akreditasi Baik dan juga ucapan terima kasih kepada dosen, mahasiswa dan sivitas akademika STIKes Kuningan yang turut membantu dari proses Pra-Akreditasi sampai Visitasi yang dilaksanakan pada bulan Maret 2020.

Melalui surat resmi bernomor 1106/4.1/PPM.02/III.2020 yang dikeluarkan pada Senin (23/3) di Jakarta. Kepala Unit Perpustakaan STIKes Kuningan, Muflihah, SIP mengatakan bahwa hasil akreditasi B didapat setelah mengikuti serangkaian prosedur dan persiapan lainnya dan melakukan banyak perubahan juga inovasi diberbagai program layanan Perpustakaan. Ia menjelaskan bahwa perubahan harus selalu dilakukan guna meningkatkan pelayanan sehingga mampu menarik perhatian mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk berkunjung dan melakukan berbagai aktivitas di Perpustakaan.

“Saya mengucapkan terimakasih atas supportnya kepada Ketua YPBHK dan Ketua STIKes Kuningan beserta jajarannya juga seluruh sivitas akademika. Semoga kedepannya Perpustakaan STIKes Kuningan semakin baik dari segi pelayanan maupun penyediaan koleksinya dan dapat menerapkan inovasi-inovasi baru di bidang perpustakaan ” ungkap Kepala Unit Perpustakaan STIKes Kuningan.

Ketua Yayasaan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK), Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO berharap kepada pengelola Perpustakaan STIKes Kuningan dengan diraihnya akreditasi Baik bisa lebih ditingkatkan lagi tata kelola, dan program positif lainnya agar mahasiswa dan masyarakat Kuningan bisa memanfaatkan keberadaan perpustakaan STIKes Kuningan untuk kegiatan yang positif dan menumbuhkembangkan kegemaran membaca dikalangan pelajar dan mahasiswa.

“Selamat untuk pengelola STIKes Kuningan beserta pihak-pihak  yang sudah memberikan dukungan pada tumbuhkembangnya perpustakaan STIKes Kuningan, insyaallah saya sebagai Ketua YPBHK akan terus memberikan support baik dari sisi penyediaan buku dan kami memiliki rencana ingin membuat perpustakaan STIKes Kuningan jauh lebih baik untuk fasilitas dan infrastrukturnya. Mohon doanya semoga YPBHK diberikan rezeki yang mencukupi untuk mewujudkan keinginan dan rencana itu. “ ucap Prof. Dewi yang biasa disapa Bunda Dewi saat dihubungi Humas.

Saat ini perpustakaan STIKes Kuningan memiliki fasilitas yang menarik selain koleksi buku kesehatan yang banyak. Ada juga fasilitas Gazebo untuk tempat membaca di depan gedung perpustakaan dan terdapat Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) di sebelah timur perpustakaan, guna memfasilitasi mahasiswa yang ingin berdiskusi dengan santai. Pengunjung diberi kebebasan untuk melakukan diskusi dan aktivitas di perpustakaan. Selain itu terdapat juga kantin kejujuran yang berada di depan pintu masuk, dimana pengunjung dapat memesan minuman dan makanan kecil dengan jujur.

Perpustakaan STIKes Kuningan juga menyediakan Japan Corner diperuntukkan bagi mahasiswa atau dosen yang butuh referensi buku-buku berbahasa Jepang hasil kerjasama dengan LPK Yuuki Training Center Indonesia. Perpustakan STIKes Kuningan juga siap berkolaborasi dengan  sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Kuningan baik Guru, Pelajar SMA maupun umum bisa bekerjasama dengan Perpustakanan STIKes Kuningan untuk menumbuhkembangkan minat baca dan juga pembinaan generasi muda. (Humas)