Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
WhatsApp Image 2019 05 13 At 12.03.32

Pusat Karir dan Alumni STIKes Kuningan Sukses Gelar Workshop Memasuki Dunia Kerja Bagi Tenaga Kesehatan

Kuningan – Pusat Karir dan Alumnin STIKes Kuningan tahun 2019 ini sukses menggelar Workshop Memasuki Dunia Kerja Bagi Tenaga Kesehatan yang diikuti kurang lebih 200 peserta dari mahasiswa tingkat akhir di aula kampus STIKes Kuningan, Senin (13/05).

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua STIKes Kuningan, H.Abdal Rohim, S.Kp., MH dan dihadiri oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Heri Hermansyah, S.Kep., Ners., MKM dan Ketua Prodi S1 Keperawatan  dan Kesehatan Masyarakat serta para narasumber dari Dinas Ketenagarakerjaan dan Transmigrasi Kab.Kuningan, HRD KMC Luragung dan LPK YUUKI Training Center Indonesia.

Dalam sambutanya, Ketua STIKes Kuningan, H.Abdal Rohim, S.Kp., MH menyampaikan bahwa acara tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Karir dan Alumni STIKes Kuningan ini terus mengalami peningkatan baik dari segi persiapan, peserta dan nara sumber yang sangat kompeten dibidangnya masing-masing dan beliau sangat bersyukur karena acara ini diharapkan bisa menjadi bekal bagi mahasiswa STIKes Kuningan baik yang sedang kuliah maupun yang akan lulus sebentar lagi dan akan memasuki dunia kerja.

“Acara workshop yang digelar oleh STIKes Kuningan merupakan agenda tahunan, dan menghadirkan banyak nara sumber dari berbagi pihak baik Pemerintah  maupun Swasta dan Mitra STIKes Kuningan, kepada mahasiswa STIKes Kuningan yang sebentar lagi akan lulus semoga bisa menjadi bekal dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja khususnya bagi tenaga kesehatan,” ungkapnya

Selain itu, Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Bidang Pusat Karir dan Alumni, Ronny Suhada F, S.Kep, Ns, M.Kep menyampaikan dalam laporan kepanitiannya bahwa acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan hard skill dan soft skill bagi mahasiswa dan diharapkan bisa lebih bijak menggunakan media sosial dalam berperilaku.

“Kami sangat bersyukur bisa menggelar kembali acara workshop ini, selain untuk meningkatkan kemampuan baik hard skill dan soft skill mahasiswa STIKes Kuningan, saya juga mengajak kepada mahasiswa agar lebih bijaksana dalam menggunakan medsos, karena medos itu mencerminkan kepribadian seseorang.” ucapnya

Narasumber dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi yang diwakili oleh Drs.Gunarto, M.Si selaku Sekertaris memaparkan bahwa Pemerintah dalam hal ini Disnakertrans Kab.Kuningan siap memberikan fasilitas dan peluang karir bagi tenaga kerja kesehatan termasuk perlindungan bagi tenaga kesehatan yang ingin berkarir baik didalam dan luar negeri, semua informasi yang terkait dengan lowongan tenaga kerja juga bisa di akses di www.ayo.kitakerja.kemnaker.go.id jelas Gunarto dalam sesi pemaparan materinya.

HRD Rumah Sakit KMC Luragung, Andhita Yedi Pramanik, S.S memberikan sesi bagaimana tenaga kesehatan bisa berpeluang bekerja diberbagai instansi kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Posyandu dan menjadi tenaga medis diberbagi perusahaan.

Disesi akhir acara workshop, menghadirkan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) YUUKI Training Center Indonesia. Pimpinan LPK YUUKI, Sopyan Komaridin, S.Kep  menyampaikan bahwa dirinya mendirikan LPK tersebut tidak semata-mata membuka lembaga bagi pencari kerja untuk masyarakat umum maupun tenaga kesehatan akan tetapi dia ingin para mahasiswa maupun masyarakat bisa berkarir di luar negeri khususnya di Negara Jepang karena dirinya pernah mengikuti program Government to Government di Jepang dan telah berhasil bekerjasama dengan Kementrian Luar Negeri, KBRI dan beberapa lembaga dan rumah sakit tempat bagi pemagangan kerja bagi tenaga kerja dari Indonesia.

Terpisah, dipenghujung acara panitia menghadirkan para alumni STIKes Kuningan Ayip Syarifudin Nur S.Kep.Ners (Perawat RSUD Linggarjati), Irma Suryani S.KM (Promkes UPTD Pusksesmas Cipicung) dan Lusyana Dewi Amd.Keb (Bidan Ruang IGD RS.Juanda) yang telah berhasil bekerja dibidangnya masing-masing.

Beberapa peserta workshop menyambut baik acara tersebut karena sangat bermanfaat dan berbagi ilmu juga pengalaman dari beberapa nara sumber.

Ayu Trisnasari, mahasiswa D III Kebidanan Kampus II STIKes Kuningan mengatakan bahwa meskipun waktunya sangat singkat tetapi sangat membangun dan memotivasi bagi mahasiswa tingkat akhir.

“Lebih diseringkan untuk acara yang luar biasa bermanfaat ini, dan bisa lebih dekat dengan alumni STIKes Kuningan yang memiliki berbagai pengalaman kerjanya di bidang kesehatan.” Ujar Ayu

Sementara itu, peserta workshop dari Keperawatan STIKes Kuningan, Azay Zayinul sangat terinspirasi dan bersyukur bisa mengikuti acara itu.

“Acara yang sangat sederhana namun dengan pemateri dan alumni yang luar biasa yang memberikan motivasi dan mengurangi rasa takut akan masa depan setelah lulus terutama di dunia kerja.” pungkasnya