[stikku.ac.id] – HSE Indonesia Regional Cirebon sebagai wadah baru di Regional Cirebon bagi kalangan masyarakat, baik akademisi, praktisi, pegiat maupun pemerhati di bidang Keselamatan Kerja (Safety), Kesehatan (Health), dan Lingkungan (Environment) tanpa memandang latar belakang pendidikan dan profesi, telah diresmikan melalui kegiatan GEBYAR K3 (Grand Launching HSE Indonesia Regional Cirebon dan Seminar HSE) yang bertemakan “Tahun Emas K3 Nasional untuk Menuju Cirebon Berbudaya K3L bersama HSE Indonesia Regional Cirebon” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Januari 2020 di Hotel Bentani, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Kegiatan GEBYAR K3 ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan sekaligus meresmikan HSE Indonesia Regional Cirebon sebagai organisasi masyarakat satu-satunya di Regional Cirebon yang berfokus pada bidang K3L (HSE). Kegiatan ini dihadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa, tenaga pengajar, tenaga kesehatan, dan sebagainya. Agenda yang dilaksanakan dari kegiatan GEBYAR K3 meliputi Grand Launching HSE Indonesia Regional Cirebon dan Seminar HSE seputar Budaya K3.

Diawali kegiatan dibuka oleh Master of Ceremony (MC) yaitu Rio Rifki Nurfadli dan Nur Arofah, dilanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dan pemberian informasi seputar aturan keselamatan dan petunjuk evakuasi di hotel yang disampaikan oleh Tim Safety Induction dari Akamigas Balongan Indramayu serta penampilan Tari Tradisional Khas Cirebon yaitu Tari Topeng Kelana oleh Saudari Taniya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia GEBYAR K3 sekaligus sebagai Ketua HSE Indonesia Regional Cirebon, saudara Syafa’at Taufiqurrohman, S.KM., yang menyampaikan bahwa tujuan membentuk organisasi masyarakat yaitu HSE Indonesia Regional Cirebon adalah memperbaiki dan membenahi permasalahan di bidang K3L yang dilaksanakan secara kerjasama yang sinergis antar lini maupun antar sektor dengan dukungan dari Pemerintah Daerah di Regional Cirebon, dengan sasaran program yang akan dilaksanakan dimulai dari usia dini.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Pembina HSE Indonesia Regional Cirebon, Bapak M. Fadri Al Baihaqi, S.KM., MH. Yang menyampaikan bahwa dukungan dan kerjasama antar pihak dan pemerintah akan menjadi faktor atau kunci keberhasilan untuk mencapai visi dan misi dari organisasi HSE Indonesia Regional Cirebon, yang selanjutnya acara gebyar K3 dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat HSE Indonesia, Bapak Yusuf T. Hidayat SE dengan didampingi oleh Pembina HSE Indonesia Regional Cirebon.

Agenda Grand Launching diawali dengan pengenalan personil dari Pengurus HSE Indonesia Regional Cirebon beserta sejarah dari pembentukan HSE Indonesia Regional Cirebon dengan penjabaran program yang akan diangkat di Tahun 2020. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian arahan dari :

  1. Yusuf T. Hidayat, SE. sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat HSE Indonesia
  2. Hendrajati, ST. sebagai Pendiri dari HSE Indonesia.
  3. Ratwiyatno, S.Sos., M.Si sebagai Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Cirebon yang mewakili Pemerintah Daerah Cirebon dalam hal ini yang fokus pada bidang K3.

Setelah arahan dan pernyataan dukungan untuk HSE Indonesia Regional Cirebon, dilanjutkan dengan Penandatanganan Piagam Komitmen Dukungan dari Pembentukan HSE Indonesia Regional Cirebon yang ditandatangani bersama dari Bapak Ratwiyatno, Bapak Yusuf, dan Bapak M. Fadri, dan mendukung bahwa HSE Indonesia Regional Cirebon merupakan satu-satunya organisasi di Bidang K3L dalam lingkup Regional Cirebon, yang kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Piagam Komitmen yang telah ditandatangani, oleh Bapak Ratwiyatno, S.Sos., M.Si. Kegiatan Grand Launching HSE Indonesia Regional Cirebon diakhiri dengan pemberian cinderamata dari sponsor kegiatan dan dokumentasi bersama dari Tamu Undangan yang hadir.

Agenda kedua dari GEBYAR K3 adalah Seminar HSE tentang Budaya K3 dan penjelasan singkat seputar profil perusahaan serta kebijakan K3L perusahaan yang disampaikan oleh Safety Superintendent PT Pupuk Kujang Cikampek yaitu Indradi Noor Akbar, S.KM., M.KKK. dengan dimoderatori oleh Ibu Linda Saraswati, ST., MM, dilanjutkan dengan agenda tanya jawab dan pemberian hadiah kepada peserta aktif serta pemberian cinderamata kepada Narasumber Seminar dan Moderator Seminar.

Sementara itu yang ikut dalam kegiatan ini dari STIKes Kuningan adalah Bibit Nasrokhatun, SKM., M.Kes dan Ahmad Ropii, SKM mahasiswa (Anes, Chrisya, Anita dan Rukmayanti) semuanya mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat Semester 7. Dan salah satu mahasiswa STIKes Kuningan menjadi anggota HSE, Dinda Prodi Kesmas Tingkat III STIKes Kuningan.

Sebagai kegiatan penutup dari agenda GEBYAR K3, materi selanjutnya disampaikan oleh Pihak Sponsor yang telah mendukung kegiatan dari GEBYAR K3 serta hiburan berupa games dan pengundian doorprize serta grand prize dan diakhiri dengan dokumentasi bersama peserta kegiatan GEBYAR K3.