[stikku.ac.id] – Program studi Kebidanan STIKes Kuningan telah selesai menggelar Webinar yang dilaksanakan pada hari kamis, (02/07) selama dua jam dari mulai pukul 09.00-11.00 wib melalui media Zoom dengan peserta sebanyak 100 orang yang merupakan remaja putra dan putri se-wilayah Ciayumajakuning.

Acara webinar kali ini menghadirkan tiga narasumber yakni pembicara 1 Fera Riswidautami Herwandar, S. ST, M.Kes yang memberikan materi tentang “Tahukah kamu apa itu Kesehatan Reproduksi?”,  pembicara 2 yakni dr. Shopa Nur Fauzah Bastian, M. Kes yang memberikan materi tentang “pendekatan promotif kesehatan reproduksi remaja” dan pembicara 3 yakni Anggit Kartikasari, S.Si.T, M. Kes memberikan materi tentang “keajaiban umbi-umbian mengatasi anemia.”.

Materi yang disampaikan dari ketiga narasumber tersebur adalah menjelaskan secara gamblang apa itu kesehatan reproduksi, bagaimanakah kondisi kesehatan reproduksi khususnya pada remaja di Indonesia, masalah-masalah pada remaja yang mana dapat berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksinya, kemudian langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar permasalahn tersebut tidak semakin meningkat, bagaimanakah peran orang tua, keluarga, tenaga kesehatan khususnya Bidan dalam mengatasi permasalahan kesehatan reproduksi pada remaja. Terakhir penemuan keilmuan berdasarkan riset yang dilakukan oleh Anggit kartikasari, S.Si.T, M.Kes bahwa ternyata buah bit dapat mengatasi anemia pada remaja dimana anemia ini sangat beresiko jika dialami oleh remaja putri karena kelak ia akan hamil, melahirkan, dan menyusui.

Dengan adanya kegiatan Webinar berharap kedepannya semoga berbagai sektor baik orang tua, keluarga, remaja, lingkungan, puskesmas, dinas kesehatan, dan sektor lainnya yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja agar meningkatkan perannya guna menurunkan masalah kesehatan reproduksi remaja saat ini dan agar kualitas kesehatan remaja di indonesia dapat lebih baik lagi.