[stikku.ac.id]- Dalam rangka memperingati “World Environment Day 2020” Departemen Kesehatan Lingkungan Cluster of Public Health Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan menyelenggarakan Webinar serial #4 yaitu diskusi online via zoom, Jumat, (05/06).

Kegiatan dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 136 orang, diskusi ini berjalan kondusif dan lancar walaupun sempat ada kendala teknis dan jaringan yang kurang stabil.

Acara pertama diawali dengan sambutan oleh Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kab. Kuningan (Yayat Sudrajat, S.KM) yang menyampaikan tentang peran sanitarian dalam penanganan covid-19  dan dibuka secara resmi oleh Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., M.H. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang menginisiasi diadakannya webinar ini di moment yang tepat yaitu sekaligus memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang tahun ini sedikit berbeda karena berlangsung saat pandemi covid-19, namun masih bisa produktif dan menginspirasi untuk mengadakan diskusi yang temanya pun sangat sesuai. Diharapkan kedepannya akan terus diadakan kegiatan yang bermanfaat seperti ini.

Dalam diskusi ini dihadirkan pemateri yang sangat luar biasa yaitu Dr. hari Santoso, S.KM., M.Epid., MH.Kes (Dosen Poltekkes Tasikmalaya, Ahli Epidemiologi dan pemerhati lingkungan) beliau menyampaikan tentang “Kesiapsiagaan Upaya Penyehatan Lingkungan dalam Penanganan Covid-19 di Era New Normal” dan Bibit Nasrokhatun Diniah., S.KM., M.Kes (Dosen STIKes Kuningan dan pemerhati lingkungan) menyampaikan tentang Pengelolaan Limbah B3 Medis dan Sampah Rumah Tangga Dampak Penanganan Covid-19”.

Ketua Pelaksana, Nabila Amalia Aziz, Mahasiswa S1 Kesmas STIKKU peminatan Kesling bersyukur bisa terlaksana dengan baik acara webminarnya dan dapat memberikan inspirasi bagi para peserta yang ikut dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah, rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh rekan mahasiswa prodi S! Kesmas peminatan kesling STIKKU yang telah bekerjasama mensukseskan acara peringatan hari lingkungan hidup sedunia melalui diskusi online via zoom dan terima kasih kepada seluruh narasumber yang telah berkenan untuk menyampaikan materi dan mensupport acara ini. Harapannya, semoga kedepannya kami bisa senantiasa produktif, menginspirasi dan memberikan manfaat dan menyelenggarakan acara diskusi seperti ini”. ucapnya

Selain itu, Ketua Prodi S1 Kesmas STIKKU (Fitri Kurnia Rahim, S.KM., M.PH.M) juga menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa kesmas khususnya peminatan kesling yang telah sukses menyelenggarakan acara peringatan  “Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2020” dan Alhamdulillah kegiatan webminar berjalan lancar, peserta dari berbagai institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa sangat antusias dan  pemateri juga sangat jelas dalam menyampaikan paparanya. Kami berharap kegiatan webminar ini bermanfaat utk semuanya terutama dalam penanganan covid-19 di lingkungan sekitar.