[stikku.ac.id] – Mahasiswa dan Dosen Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) STIKes Kuningan  yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat  melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Cijambe Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang, Senin, (20/04).

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa dan dosen Pasca Sarjana Ilmu kesehatan Masyarakat STIKes KUNINGAN Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh empat orang mahasiswa dan dua orang dosen pendamping yakni Dr. Hj. Mamlukah, S.KM,. M.Kes dan Dr. Lely Wahyuniar,  M.Sc. Program pengabdian masyarakat dilakukan berbasis multi disipliner untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehubungan dengan terjadinya Pandemi COVID-19.

Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Cijambe ini merupakan program Pasca Sarjana IKM STIKes Kuningan dalam masa pandemi COVID-19, program yang dilaksanakan adalah sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19 menjelang akan diberlakukannya PSBB di wilayah Kabupaten Sumedang yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 April s.d 5 Mei 2020. Dalam kesempatan ini mahasiwa dan dosen pasca Sarjana IKM STIKes Kuningan juga memberikan bantuan berupa masker, bahan dan alat Desinfektan serta Handsanitizer. Selain itu juga dibagikan leaflet mengenai pencegahan penyebaran COVID-19. Hal ini dilaksanakan sebagai alat bantu untuk pencegahan penyebaran Virus.

Menurut Mahasiswa Kelompok 10 Pasca Sarjana IKM STIKes Kuningan, Evy Rosvianty, Gita Arisara, Melani Kismiati Dewi dan Neneng Karmila menjelaskan bahwa di kecamatan Paseh kabupaten Sumedang bahwa Data dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Paseh merupakan daerah dengan jumlah ODP terbesar di Kabupaten Sumedang dan di desa Cijambe terdapat ODP Bergejala 1 orang. Hal ini disebabkan banyaknya perantau yang mata pencahariannya di wilayah Zona Merah dan sekitarnya yang mudik ke kampung halaman.

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 mahasiswa melaksanakan sosialisasi yang dilaksanakan di masjid Al Mujahid Desa Cijambe dan Mesjid Al Huda dusun Cijambe. Selain itu mereka juga mendatangi rumah ke rumah warga yang keluarganya ODP. Mahasiswa juga memberikan Edukasi bagaimana caranya cuci tangan pakai sabun dan cara menggunakan masker yang baik dan benar serta praktek pembuatan desinfektan kepada keluarga yang dikunjungi.

“Kegiatan Pengmas ini dilakukan satu hari penuh dengan melaksanakan program dan kegiatan yang telah disusun sebelumnya oleh mahasiswa dan dosen pembimbing,  sesuai dengan mata kuliah yang telah didapat dari Pasca Sarjana IKM STIKes Kuningan”   ucap Dr. Hj. Mamlukah, S.KM,. M.Kes selaku dosen pembimbing mereka

Sayangnya kegiatan tidak biasa dilaksanakan bertatap muka langsung dengan masyarakat karena pada saat ini situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan berkaitan dengan prosedur protkol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI.

“Besar harapan kami walaupun pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini hanya satu hari semoga bisa bermanfaat banyak bagi masyarakat Desa Cijambe khususnya dan umumnya semua yang membaca informasi ini dan masyarakat dapat melaksanakan apa yang telah kami sosialisasikan yaitu, dengan menjaga jaga jarak,  menggunakan masker ketika keluar rumah, membiasakan cuci tangan pakai sabun  sebelum dan sesudah beraktifitas, dan tetap  di rumah saja sesuai Surat Edaran Bupati Sumedang dan tidak lupa berdo’a”. pungkas Evy Rosvianty.