[stikku.ac.id] – Milad Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kuningan ke-XIII dikemas dengan kegiatan santunan hingga tabligh akbar. Tak kurang dari 1.600 orang hadir meramaikan acara Dies Natalis XIII STIKes Kuningan.

Dalam kesempatan yang sama, STIKes Kuningan mendapat kepercayaan dari pihak BRI Cabang Kuningan dalam pemberian beasiswa bagi 25 mahasiswa berprestasi. Secara simbolis, penyerahan beasiswa diberikan langsung Pimcab BRI Kuningan Jeremia DS Siahaan kepada Ketua STIKes Kuningan H Abdal Rohim SKep MH. Hadir pula Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK) Prof Dr Hj Dewi Laelatul Badriah MKes AIFO dan Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi.

Ketua Dies Natalis XIII STIKes Kuningan, H Jaenal Mutakin SPd dalam keterangan persnya, Kamis (26/12), menuturkan, sejumlah rangkaian kegiatan telah dilaksanakan panitia seperti STIKKU Writers  Festival, Bulan Bhakti STIKKU, dan Festival Literasi STIKKU. Pada puncak rangkaian kegiatan juga diadakan launching kotak literasi cerdas (kolecer) di Kampus STIKes Kuningan, hingga peresmian mushola di lingkungan STIKes Kuningan.

“STIKes satu-satunya kampus yang memiliki kotak literasi cerdas, yang mereplikasi dari program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Jabar. Nantinya kotak literasi ini akan menyimpan karya-karya terbaik bagi dosen maupun mahasiswa STIKes Kuningan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Dies Natalis XIII STIKes Kuningan diisi aksi sosial berupa santunan anak yatim piatu sebanyak 100 orang dari tujuh desa. Memasuki puncak acara, tabligh akbar diisi ulama ternama yang kerap mengisi tausyiah di stasiun tv nasional yakni KH Agus Dermawan.

Ketua STIKes Kuningan, H Abdal Rohim SKep MH menyampaikan, momentum ini hendaknya dijadikan evaluasi bagi semua civitas akademika agar lebih baik kedepan. Bahkan dalam satu tahun ini, banyak prestasi yang telah berhasil diraih.

“Alhamdulillah banyak prestasi yang diraih, dan ini akan kami persembahkan sebagai bentuk kinerja satu tahun kepada yayasan. Misalnya untuk Prodi S1 Kesehatan Masyarakat dan Prodi D3 Kebidanan, pada tahun 2019 telah sangat baik,” sebutnya.

Pihaknya mengaku, melakukan pula akreditasi ISO terhadap semua Prodi di STIKes Kuningan dengan hasil yang sangat baik. Terlebih peningkatan kualifikasi SDM bagi para dosen terus dilakukan, yakni dengan meneruskan jenjang pendidikan baik ke S2 maupun S3.

“Secara kualifikasi terus meningkat, salah satunya peningkatan jabatan fungsional sudah bertambah dari asalnya Asisten Ahli menjadi Lektor. Bahkan ada lima dosen mendapatkan sertifikasi, kami juga diberikan penghargaan dari Kemendikti terkait kinerja penelitian terbaik,” ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi menyampaikan, ucapan selamat atas Milad STIKes ke-XIII. Semoga kedepan STIKes semakin maju dan selalu mencetak lulusan terbaik, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya prestasi, saya yakin banyak pula yang mendaftar sebagai mahasiswa disini. Semoga STIKes Kuningan menjadi salah satu universitas yang dituju oleh masyarakat, dan dapat memberikan kontribusi terbaiknya dengan melahirkan lulusan berkualitas,” pungkasnya.(*)