[stikku.ac.id] – Empat mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan melaksanakan kegiatan magang di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas  II Bandung Wilayah Kerja Cirebon. Magang merupakan agenda akademik yang bertujuan untuk menunjang/membekali mahasiswa ketika akan memasuki dunia kerja nanti.

Pada pelaksanaan kegiatan magang mahasiswa melakukan komparasi antara ilmu yang telah didapat di Institusi dengan pengalaman di lapangan untuk menyesuaikan dengan pekerjaan di lapangan. Salah satu fokus masalah kesehatan lingkungan yang jadi perhatian mahasiswa yang magang dari STIKes Kuningan adalah Kesehatan Matra (kesehatan lintas wilayah baik darat, laut dan udara) yang bekerjsama dengan KKP yang merupakan lembaga pemerintahan yang mengurusi masalah tersebut.

Keempat mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan, yakni Anto Lesmana, Galih Mediang Suryansyah, Nur Muhamad Fikri dan Robby Ridwan Ramdan melakukan tindakan/upaya promotif dan preventif secara terbatas di lingkungan pelabuhan berupa pengendalian faktor risiko lingkungan berupa pemasangan perangkap kecoa, penghitunngan kepadatan lalat, pengendalian jentik nyamuk dan pemasangan perangkap tikus. Tindakan/upaya tersebut berdasarkan keterangan dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor 2 Tahun 2014 ditujukan guna mencegah, melindungi, dan mengendalikan penyakit, serta melaksanakan respon kesehatan masyarakat (public health response) terhadap penyebaran penyakit secara internasional, serta menghindarkan hambatan yang tidak perlu terhadap perjalanan dan perdagangan internasional yang diakibatkan oleh masalah kesehatan masyarakat, seperti epidemi penyakit potensial wabah, penyakit baru yang muncul, penyakit lama yang muncul kembali, sampai dengan masalah yang timbul akibat bioterorisme, yang dapat menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia/KKMMD (Public Health Emergency Of International Concern/PHEIC).

Nur Muhamad Fikri, salah satu mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat berharap kegiatan magang ini dapat menjadi implementasi dari kerja sama antara prodi Kesehatan Masyarakat STIKKU dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan sebagai tempat pengembangan keahlian mahasiswa prodi kesehatan masyarakat.

“Semoga kegiatan magang ini juga semoga bisa menjadi dasar bagi mahasiswa prodi kesehatan masyarakat STIKKU di masa yang akan mendatang guna menjadi SDM berkualitas untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.” ucapnya