[stikku.ac.id] – Sudah hampir tiga minggu mahasiswa STIKes Kuningan program studi Kesehatan Masyarakat Semester 5 melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di desa Bangunjaya Kecamatan Subang. Sejumlah mahasiswa PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) memberikan penyuluhan mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun di SD Negeri Bangunjaya, Rabu (26/02).

Mencuci tangan pakai sabun adalah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari-jemari dengan menggunakan air dan sabun dengan tujuan untuk menjadi bersih sebagai salah satu cara untuk pencegahan penyakit, apalagi dengan isu yang sekarang sedang berkembang yakni virus Corona, sangat rentan terjangkit kepada siapapun yang kurang menjaga kesehatan terutama masalah cuci tangan.

Mahasiswa PBL melaksanakan kegiatan penyuluhan di SD Negeri Bangunjaya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi kegiatan selain melakukan SDKM. Sasaran penyuluhan ini seluruh siswa-siswi SD Negeri Bangunjaya. Adapun materi penyuluhan yang disampaikan yaitu tentang cuci tangan pakai sabun.

Acara yang bdimulai dari pukul 09.00 s/d selesai berlangsung sangat antusias dan semarak diikuti oleh anak-anak di SD Negeri Bangunjaya. Dalam pelaksanaan kegiatan ini mahasiswa memberikan materi dengan cara ceramah dan nyanyian. Disamping itu mahasiswa memberikan sedikit games agar memancing antuisiasme dari siswa-siswi. Serta melakukan praktek cuci tangan pakai sabun langsung dengan dibimbing satu per satu dan diakhiri dengan pembagian hadiah atau doorprize untuk anak-anak yang berani tampil kedepan dan menjelaskan kembali mengenai cuci tangan pakai sabun.

Harapan kedepannya semoga setelah diadakannya penyuluhan mengenai cuci tangan pakai sabun ini memberikan manfaat dan dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak usia dini. (Humas)