(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id]- Mahasiswa dan Dosen Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) STIKes Kuningan melakukan program Pengabdian Masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas DTP Darma, Kamis 23 April 2020.

Pengabdian Masyarakat (Pengmas) ini merupakan salah satu program kerja sama dari mahasiswa dan dosen Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 3 orang mahasiswi yakni ; dr. Dessy Sutanti, Intan Meidha Puspita Sari, dan Triawati Octavia serta didampingi oleh 2 orang Dosen yaitu Prof. Dr. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO dan Dr. Susianto, M.KM. Program pengabdian masyarakat dilakukan berbasis multi disipliner untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehubungan dengan pencegahan Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam program Pengmas ini diawali dengan melakukan Penyuluhan di UPTD Puskesmas Darma yang dibuka oleh Kepala UPTD Puskesmas Darma, H. Saepudin,S.Ap., S.Kep., Ns., MM.Kes.,  Penyuluhan dilakukan di ruang tunggu pasien dengan menggunakan metode ceramah dibantu media video dan standing banner yang didesign sendiri oleh mahasiswi mengenai materi pencegahan Covid-19 yaitu 6 langkah mencuci tangan dengan sabun, himbauan untuk memakai masker, dan menjaga jarak. Masyarakat desa Darma yang sedang berobat mendengarkan penyuluhan tersebut, sangat antusias dengan materi pencegahan Covid-19 yang diberikan. Penyuluhan diselingi dengan praktek 6 langkah mencuci tangan yang diperagakan oleh mahasiswi dan diikuti oleh pengunjung.

Setelah dilakukan penyuluhan di dalam gedung Puskesmas, pengabdian masyarakat dilanjutkan ke area pasar Darma dengan memberikan konseling interpersonal, memberikan poster, dan membagikan masker secara gratis kepada masyarakat di area pasar Darma. Meskipun interaksi yang dilakukan sangat terbatas karena penerapan psysical distancing, ketertarikan masyarakat terhadap poster dan masker yang dibagikan membuat edukasi yang diberikan oleh fasilitator berjalan dengan lancar dan dapat diterima oleh masyarakat.

Harapannya dengan diselenggarakannya program pengabdian masyarakat ini  masyarakat teredukasi dan menjadi paham serta memiliki pengetahuan dan kepedulian tentang bahaya Covid-19 sehingga dapat bersama-sama mencegah dan memutus mata rantai penularan, sehingga kedepannya Covid-19 segera hilang dari bumi Indonesia tercinta dan kehidupan dapat kembali menjadi normal.