Jalin MoU, PPKB dan STIKes Kuningan Lakukan Pemutakhiran Data Keluarga Kampung KB Di Wilayah Kerja UPTD PPKB Kadugede Kabupaten Kuningan

Jalin MoU, PPKB dan STIKes Kuningan Lakukan Pemutakhiran Data Keluarga Kampung KB Di Wilayah Kerja UPTD PPKB Kadugede Kabupaten Kuningan

Kuningan, Februari 2018 STIKes Kuningan bekerja sama dengan Dinas PPKB Kabupaten Kuningan dan UPTD PPKB Kecamatan Kadugede melakukan Survei data Keluarga Berencana (KB). Kegiatan ini berujuan untuk melakukan pemutakhiran data KB yang ada di dua tempat yaitu Desa Bayuning dan Desa Nusaherang.

Kegiatan ini diawali dengan serangkaian kegiatan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap persiapan dimulai dengan dilakukannya rapat koordinasi pada tangga 6 Februari 2018 yang bertempat di Kampus STIKes Kuningan. Hadir pada rapat tersebut yaitu, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Kuningan, Kepala UPTD PPKB Kecamatan Kadugede, Kepala Desa Nusaherang, Kepala Desa Bayuning, perwakilan Pengurus Kampung KB Desa Bayuning dan Nusaherang serta TIM survei yang terdiri dari beberapa orang dosen dan mahasiswa. Acara rapat dibuka oleh Ketua STIKes Kuningan Bapak Abdal Rohim, S.Kp., MH.Kes, dalam sambutannya beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan suatu kebanggan bagi kami karena melalui kegiatan ini kami bisa berpartisipasi dalam mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Kuningan. Selesai rapat, acara dilanjutkan dengan workshop yang diikuti mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan. Acara workshop dipandu langsung oleh TIM dari Dinas PPKB Kabupaten Kuningan dan UPTD PPKB Kecamatan Kadugede. Dalam acara tersebut mahasiswa diberi penjelasan mengenai teknis pengambilan data dan pengisian kuesioner.

Kegiatan survei pemutakhiran data dimulai dari tanggal 08-10 Februari 2018 yang melibatkan mahasiswa sebanyak 180 orang. Setelah selesai kegiatan pengambilan data, pada tanggal 12 Februari 2018 mahasiswa yang terlibat dalam survei tersebut mengikuti workshop entry data. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, harapannya dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat kuningan, terlebih khususnya masyarakat di sekitar Kampus STIKes Kuningan. Selain itu juga melalui kegiatan pemutakhiran data ini, mudah-mudahan data yang sudah terkumpul dapat dijadikan sebagai bahan kajian dalam merumuskan kebijakan di bidang kesehatan keluarga. Bagi mahasiswa harapannya yaitu dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan ketrampilan dalam melakukan pendataan masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas PPKB dan UPTD PPKB Kecamatan Kadugede, Kepala Desa Bayuningn dan Kepala Desa Nusaherang, masyarakat Desa Bayuning dan Desa Nusaherang serta segenap mahasiswa STIKes Kuningan yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar.

 

Dokumentasi kegiatan dapat diakses pada link berikut:

https://drive.google.com/open?id=1iwJr-1RRNAaxORY6gIK8wbwi-amX95_d