[stikku.ac.id] – Pada Hari Rabu, 19 Februari 2020 telah dilaksanakan pembukaan kegiatan Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) dan Program Intervensi Kesehatan Masyarakat (PIKM)  yang bertempat di Aula Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Kegiatan SDKM dan PIKM merupakan salah satu upaya  Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kabupaten Kuningan dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU) sebagai mitra strategis untuk bersama-sama membangun kesehatan masyarakat di Desa serta menuntaskan masalah-masalah kesehatan di Desa. Selain itu kegiatan ini di dukung juga oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) Kabupaten Kuningan. Sasaran dalam kegiatan ini adalah 5 (Lima) Desa yang berlokasi di Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan. Adapun Desa yang dimaksud adalah Desa Subang, Bangunjaya, Pamulihan, Jatisari dan Tangkolo, kelima Desa tersebut akan menjadi lahan bagi kegiatan SDKM dan PIKM mulai dari tanggal 19 Februari – 09 April 2020.

Acara dibuka oleh saudari Bibit N, SKM., M.Kes sebagai  Master Of Ceremony (MC) dalam acara tersebut pada Pukul 10.00 WIB. Dimulai dengan mengucapakan basmallah bersama-sama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Cecep Heriana, SKM., MPH sebagai perwakilan dari IAKMI sekaligus mewakili a.n  Ketua STIKKU yang pada saat acara berhalangan hadir karena satu dan lain hal. Dalam sambutanya beliau menyampaikan “a.n IAKMI dan STIKKU mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada Camat Subang dan para Kepala Desa se-Kecamatan Subang yang hadir telah memeberikan izin kami untuk dapat melaksanakan kegiatan  SDKM dan PIKM ini dan memfasilitasi berbagai macam persiapan kegiatan ini. Beliau berharap tentu dengan adanya kegiatan ini tingkat pengetahuan kesehatan masyarakat meningkat dan perilaku masyarakat bisa menjadi sehat.” Pungkasnya.

Setelah sambutan perwakilan IAKMI dan STIKKU dilanjutkan oleh Kepala UPTD Puskesmas Subang yaitu dr. Fery. Beliau menyampaikan dalam sambutanya “a.n UPTD Puskesmas Subang kami sangat senang tentu bukan hanya akan dirasakan masyarakat namun kegiatan ini juga sangat membantu program-program kami di Puskesmas pungkasnya.”

Selanjutnya ialah sambutan Camat Subang Bapak Indra Bayu Permana, S.STP sekaligus penerimaan mahasiswa/I Prodi Kesehatan Masyarakat STIKKU sebagai enumerator atau pengumpul data. Dalam sambutanya beliau menyampaikan ”pertama kami dari unsur kecamatan dan Desa se-kecamatan Subang berterimakasih kepada STIKKU telah memilih Kecamatan subang sebagai lahan untuk pelaksanaan kegiatan SDKM dan PIKM. Kami sangat mendukung dan mendorong setiap ada mahasiswa/I dari kampus mana pun termasuk STIKKU untuk memberikan sentuhan yang berbeda disini.

Terakhir di sela-sela kegiatan pembukan SDKM dan PIKM Ibu Fitri Kurnia Rahim, SKM., MPHM  selaku ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat berharap “Dengan dilaksanakan kegiatan ini mahasiwa/I menjadi memiliki pengalaman dalam memecahkan permasalahan kesehatan masayarakat di Desa. Selain itu karena kegiatan ini juga fokus kepada pengembangan Posyandu beliau juga berharap mahasiswa bekerjasama dengan kader posyandu, agar dapat lebih meningkatkan tingkatan posyandu-posyandu yang ada di Kecamatan Subang menjadi Posyandu dengan kategori Mandiri.”