Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
WhatsApp Image 2019 05 20 At 11.27.43

Dosen STIKKu & Pengurus IBI Kuningan Uji Mahasiswa Akhir D III Kebidanan

Kuningan – Sejumlah mahasiswa STIKes Kuningan baik dari kampus I dan II yang berasal dari Program Studi DIII Kebidanan tengah mengikuti Ujian Akhir Program (UAP) D III Kebidanan di laboratorium khusus Kebidanan, Senin (20/05).

Koordinator pelaksanaan Ujian Akhir Program (UAP) D III Kebidanan, Mala Tri Marliana, S.ST., M.Kes mengatakan bahwa kegiatan ini akan  berlangsung selama satu minggu, sedangkan untuk tim penguji kegiatan UAP ini akan melibatkan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kuningan baik ketua maupun pengurus IBI pada hari kamis besok (23/05), beberapa Dosen Bidan dari Rumah Sakit Ciremai dan juga Dosen STIKes Kuningan Prodi DIII Kebidanan.

Ujian Akhir Program (UAP) D III Kebidanan  sendiri dengan melakukan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) yang merupakan bagian dari sistem asessment. Tujuan OSCE sendiri yaitu untuk menilai kompetensi dan ketrampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur. Selain itu materi ujian berupa tes pengetahuan tentang kehamilan, persalinan, nifas, BBL (bayi baru lahir) , KB dan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal dan kesehatan reproduksi.

Tujuan dari Ujian Akhir Program (UAP) D III Kebidanan  adalah untuk mempersiapkan kelulusan para mahasiswa STIKes Kuningan khususnya Prodi D III Kebidanan sehingga mereka bisa lebih kompeten dan professional ketika menghadapi berbagai kasus di lapangan.

Asri Destiani, Mahasiswa tingkat 3 prodi D III Kebidanan sangat antusias mengikuti ujian tersebut dan sudah mempersiapkan diri dengan baik.

“sempat grogi  tapi alhamdulillah bisa mengikuti setiap tes dengan baik, mungkin saya harus lebih mahir dan lancar lagi dalam berkomunikasi,” ucapnya.