Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Raih Gelar Doktor Sangat Memuaskan

Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Raih Gelar Doktor Sangat Memuaskan

Semarang, 12 Februari 2019, salah satu dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan meraih gelar doktor dengan yudisium sangat memuaskan (IPK 3,74).

Hj. Mamlukah, SKM., M.Kes. telah berhasil mempertahankan disertasinya di Sidang Terbuka Promosi Doktor di Kampus UNDIP Semarang, Selasa 12 Februari 2019. Selama kurang lebih 15 menit, beliau memaparkan hasil penelitiannya dengan judul Pengaruh Yoga Antenatal dan Terapi Murottal AL- Quran Terhadap Tingkat Kecemasan, Perubahan Kadar sFlt-1, PlGF, Proteinuria dan Tekanan Darah Pada Ibu Hamil Dengan Risiko Preeklampsia (Studi di Puskesmas Kabupaten Majalengka).

Menurut beliau, Yoga Antenatal,Terapi Murottal Al-Quran dan kombinasinya berpengaruh terhadap penurunan kecemasan dan tekanan darah dan tidak berpengaruh terhadap penurunan kadar sFlt-1, kenaikan PlGF, penurunan rasio sFlt-1/PlGF dan  kejadian proteinuria  pada ibu hamil dengan risiko preeklampsia, tetapi dapat menurunkan kadar sFlt-1 menaikan kadar PLGF, menurunkan rasio sFlt-1/PlGF dan mencegah terjadinya proteinuria. Sehingga bisa mengurangi risiko preeklampsi.

Beliau berharap hasil penelitiannya dapat diterapkan di masyarakat khususnya di Kabupaten Majalengka, sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian ibu di wilayah tersebut. Sidang terbuka dihadiri oleh Ketua YPBHK, para pimpinan, dosen dan staf STIKes Kuningan serta segenap keluarga. Usai dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, acara dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keterangan Lulus oleh Ketua TIM Sidang Terbuka kepada Hj. Mamlukah, SKM., M.Kes.,  rasa syukur penuh dengan kegembiraan mengiringi suasana disaat itu, pada kesempatan ini beliau juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas prestasi yang telah diraihnya.