Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
Sidang Proposal Penelitian Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat
Sidang Proposal Penelitian Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat

Dosen Prodi Kesmas Paparkan Rencana Risetnya Dihadapan Para Dosen

[stikku.ac.id] – Dosen memilki tugas mengembangkan ilmu pengetahuan salah satunya melalui penelitian. Sebuah penelitian memerlukan perencanaan yang matang dan jelas apa yang akan ditelitinya, agar dapat memastikan tujuan dan rencana penelitian akan berjalan lancara dan memilki hasil yang bermanfaat, maka perlu masukan dan pengayaan dari berbagai kalangan termasuk Dosen sendiri.

Bertempat di Ruang Rapat STIKKU pada hari kamis (28/3), telah dilaksanakan sidang Proposal Penelitian Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat yang penelitiannya akan didanai oleh Kemenristekdikti tahun 2019. Kegiatan sidang Proposal dengan Judul Kemitraan Tenaga Kesehatan Masyarakat dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Kuningan dipaparkan oleh Cecep Heriana, SKM.,MPH.

“Tujuan penelitian ini untuk menyusun dan mengembangkan sebuah Model Kemitraan antara Tenaga Kesehatan Masyarakat dengan FKTP, diharapkan dengan hasil penelitian ini dalam Model yang Implementatif akan bermanfaat untuk peingkatan Profesionalisme Tenaga Kesehatan Masyarakat di Indonesia.” ungkap Cecep yang merupakan salah-satu Tim Peneliti.

Dalam kesempatan tersebut Cecep Heriana, SKM.,MPH menyampaikan bahwa kegiatan penelitiannya menggunakan pendekatan Action Research dengan tahapan, Identification, Planning, Taking Action, dan Evaluation.

Penelitian tersebut dibagi menjadi dua agenda penelitian yang besar yaitu SURNAKESMAS (Survei Tenaga Kesehatan Masyarakat) dan Implementasi Model Kemitraan Tenaga Kesmas dengan FKTP. Penelitiannya sendiria  akan mulai dilaksanakan pada bulan April 2019, sedangkan subjek yang akan terlibat dalam penelitian ini adalah Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) se-Kab.Kuningan.

Kegiatan sidang Proposal Penelitian Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi Kesehatan Masyarakat dan para Dosen Kesmas STIKKU berdiskusi hangat seputar riset yang akan dilaksanakan.

“Kami ucapakan selamat kepada Pak Cecep, yang akan melaksanakan penelitian dan semoga hasil penelitiannya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas dan segenap civitas akademika STIKKU.” terang Hamdan, SKM. MKM Dosen Kesmas STIKKU

Pada saat diskusi tentang masukan untuk perbaikan usulan riset, para dosen kesmas berantusias menyimak dan mendengarkan serta memberikan masukan terhadap rencana proposal yang akan dilaksanakan. Kegiatan ini menjadi sebuah budaya mutu bagi para dosen dan sivitas akademik di kampus STIKKU

RISET KEMITRAAN NAKESMAS DAN FKTP