[stikku.ac.id] – Sejak kemunculan kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia tanggal 2 Maret 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif dan meninggal masih terus meningkat. Pandemi Covid-19 berdampak sistemik dan mengganggu hampir seluruh aspek kehidupan manusia termasuk di bidang pendidikan tinggi. Perguruan tinggi merupakan institusi yang diliburkan dan mahasiswa melakukan proses pembelajaran dari rumah secara daring / online.

Pada fase adaptasi kehidupan baru saat ini, aktivitas masyarakat untuk wilayah dengan zona hijau dan kuning mulai dibuka secara bertahap tidak terkecuali untuk perguruan tinggi dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Pembukaan ini mengaktifkan kembali peran perguruan tinggi dalam membantu pengurangan penyebaran Covid-19 serta menciptakan masyarakat yang aman dan produktif melalui langkah percepatan dan kolaborasi yakni dengan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Covid-19. Kegiatan KKNT ini bertujuan untuk mendukung dan menguatkan program penanggulangan dan pencegahan Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta sebagai upaya mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan tata cara pencegahan Covid-19.

Salah satu output dari pelaksanaan KKNT tersebut adalah membuat laporan/ makalah yang berisi rangkuman pelaksanaan kegiatan KKNT seperti: abstrak, latar belakang, metode, diskusi, pembahasan dan pembelajaran, kesimpulan, ucapan terimakasih dan daftar pustaka. Makalah tersebut dikumpulkan kepada panitia pusat pelaksana KKNT ini yaitu dari BNPB Pusat dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari total 62 makalah yang terkumpul.

Karya dari dosen dan mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan ini sukses mendapatkan penghargaan sebagai 10 Makalah Terbaik dalam Penulisan Buku Pembelajaran Baik KKNT COVID-19 Tingkat Nasional yang berjudul “Program Assesment, Edukasi dan Pelatihan Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Infeksi COVID-19 di Desa Babatan Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan 2020”.

Penghargaan ini disampaikan dan diberikan Ketika pelaksanaan Webinar Edukasi Masyarakat melalui Kegiatan KKN Tematik COVID-19 dengan tema “Anak Muda Bawa Perubahan” pada tanggal 28 Oktober 2020 yang diselenggarakan oleh BNPB Pusat Bidang Strategi dan Sistem. Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan sekaligus penulis, Fitri Kurnia Rahim, S.KM., MPHM menyampaikan rasa syukurnya dan apresiasi pula serta harapannya setelah mendapatkan penghargaan ini.

“Saya sangat bangga sekali terhadap pencapaian yang saya dapat selaku dosen dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih banyak kepada mahasiswa prodi Kesehatan masyarakat yang sudah berjuang dan melaksanakan KKNT dengan baik dan sukses. Yang memiliki tujuan yang mulia untuk merubah perilaku masyarakat yang tidak sehat menjadi sehat dan mampu menerapkan perilaku 3M”. ujarnya.

Saya berharap semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk adik-adik mahasiswa lainnya, bahwa kita semua memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk mendapatkan penghargaan yang bergengsi pada tingkat Nasional selagi kita mau mencoba, berjuang dan tidak lupa meminta doa dari kedua orang tua kita. Jika itu semua kita jalani dengan sabra dan ikhlas, Insha Allah penghargaan-penghargaan lainya akan kita capai juga (Muhamad Wildan Khaerudin, S.KM).