Menu
(0232) 875847 info@stikku.ac.id
WhatsApp Image 2019 10 16 At 16.20.55

Dongkrak Kinerja Dosen dan Kelembagaan, STIKKU Adakan Workshop Optimalisasi Jurnal bagi Dosen STIKes Kuningan

[stikku.ac.id] – Salah satu indikator kemajuan sebuah perguruan tinggi adalah kemampuannya dalam pengelolaan dan manajemen jurnal ilmiah. Hari ini STIKes Kuningan mengadakan workshop optimalisasi jurnal bagi dosen STIKes Kuningan dengan mengundang narasumber, Yulingga Nanda Hanief, M.Or sebagai Ketua Korda Relawan Jurnal Indonesia Jawa Timur. Acara dilaksanakan di ruang belajar program studi S.2 Kesehatan Masyarakat, Rabu (16/10).

Kegiatan workshop optimalisasi jurnal bagi dosen STIKes Kuningan dibuka secara langsung oleh, Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK) Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes AIFO. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa di STIKes Kuningan harus ada jurnal bagi setiap program studi dan harus terakreditasi minimal Sinta 4.

“Semoga dengan adanya workshop ini, Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada bisa menjadi jurnal rujukan publikasi bagi peneliti internal maupun eksternal yang berkualitas, sehingga hal ini bisa mendongkrak kinerja dosen dan kelembagaan.” ucapnya

Aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah pada saat ini diarahkan dalam bentuk daring (online) agar desiminasi dan sebaran akses semakin luas dibandingkan dengan jurnal cetak. Salah satu sistem pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Journal Sistem (OJS). Melalui OJS pengelolaan jurnal lebih tertata dan terdokumentasi secara baik dan rapi.

Salah satu aspek penting dalam pengelolaan jurnal adalah proses penyuntingan substansi artikel.  Pada era teknologi saat ini, proses penyuntingan artikel dilakukan secara online sehingga ‘jejak’ penyuntingan terekam secara lengkap. Selain itu, proses penyuntingan artikel, bahkan proses pengajuan akreditasi berkala ilmiah oleh dikti telah dilakukan secara online.

Acara yang berlangsung selama satu hari ini diisi oleh narasumber, yaitu Yulingga Nanda Hanief, M.Or dan didampingi oleh Ns. Aditiya Puspanegara, S.Kep.,M.Kep yang menyampaikan materi terkait dengan teknik penyuntingan substansi artikel berkala ilmiah, kemudian terkait dengan kepentingan akreditasi jurnal. Selanjutnya, pada sesi terakhir materi terkait pengelolaan proses penerbitan artikel secara online yang membahas secara detail penggunaan program Open Journal System (OJS) dari mulai artikel, editing hingga diterbitkan.

Peserta dalam acara ini tidak hanya diikuti oleh dosen STIKes Kuningan tetapi juga diikuti oleh beberapa dosen dari perguruan tinggi seperti, AKPER Dharma Husada Cirebon, STIKes Kuningan Kampus II dan STIKes Brebes. Peserta sangat antusias dalam mengikuti materi demi materi. “Saya harap dengan adanya workshop optimalisasi jurnal ini bisa terindeks Sinta 4 sehingga dapat mendongrak kinerja dosen dan STIKes Kuningan”, kata H. Abdal Rohim, S.Kp., MH. Menurutnya, aspek berkala ilmiah adalah salah satu aspek penting yang dapat mendongkrak kualitas sebuah institusi perguruan tinggi.