(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Kurikulum merupakan sebuah sistem untuk mengatur proses pembelajaran di institusi pendidikan. Evaluasi dan peninjauan harus senantiasa dilakukan untuk menjaga mutu pendidikan serta menyesuaikan dengan issue terkini dan menyesuaikan perkembangan jaman. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan senantiasa menjaga mutu pendidikan dengan melakukan peninjauan dan penyesuaian kurikulum sesuai dengan kebijakan dan perkembangan yang ada.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan telah menyelenggarakan Workshop dan Peninjauan Kurikulum pada hari Senin, 6 Maret Tahun 2023 yang diikuti oleh seluruh jajaran dosen dari Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Perwakilan Puskesmas, Praktik Mandiri Bidan dan Rumah sakit serta dari organisasi profesi dan alumni. Adapun. Tujuan kegiatan tersebut adalah mengevaluasi dan  meningkatkan mutu kurikulum pada program studi di lingkungan STIKES Kuningan dan meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun dokumen kurikulum. Narasumber yang memberikan memberikan materi dan mereview kurikulum  yaitu Rize Budi, S.Keb., Bd., M.Kes, yang merupakan pakar kurikulum Asosiasi Institusi Prndidikan (AIPKIND). Acara dibuka oleh Ketua STIKes Kuningan yaitu Dr.H.Abdal rohim, SKp.MH dan dilanjutkan dengan pemaparan kurikulum oleh Kaprodi S1 Kebidanan, Ai Nurasiah, SST., MKM dan Kaprodi Profesi Bidan Siti Nunung Nurjannah, SST., MKM serta dilakukan review.

Para  stake holder sangat berkontribusi  menyampaikan masukan dan saran terkait  kurikulum yang akan datang untuk perbaikan dan kuakitas lulusan. Masukan dan saran dari undangan tersebut antara lain penambahan waktu pembelajaran praktik klinik juga level pembelajaran mahasiswa pada tahap sarjana dan profesi. Dengan demikian, tinjauan ini akan menghasilkan kurikulum baru yang optimal sehingga mutu pendidikan di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan tetap terjamin.