(0232) 875847 [email protected]

KUNINGAN – Relawan TIK Kuningan mengadakan Seminar Literasi Digital di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan pada Selasa (28/02/2023). Dalam kegiatan tersebut, Ketua Relawan TIK Kuningan, Asep Mahpudin, menjelaskan pentingnya literasi digital untuk membangun peradaban generasi yang lebih maju dan berkembang di era digital saat ini.

“Individu harus mampu memahami cara kerja teknologi digital dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien,” kata Asep Mahpudin dalam seminar tersebut. Salah satu aspek penting dari literasi digital adalah kemampuan mengakses informasi secara tepat dan akurat, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, tidak semua informasi yang tersedia di internet adalah benar dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, individu harus mampu mengevaluasi informasi yang mereka temukan secara online dan memilah informasi yang tidak tepat atau bahkan hoaks.

Selain itu, individu harus mampu memanfaatkan teknologi secara aman dan bijaksana untuk menghindari penipuan online, mengamankan data pribadi, dan melindungi diri dari ancaman cybercrime.

Dalam era digital saat ini, keterampilan teknologi semakin penting di dunia kerja. Kemampuan literasi digital dapat membantu individu dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi di tempat kerja, meningkatkan produktivitas, dan efisiensi kerja.

Narasumber Relawan TIK Kabupaten Kuningan, Dena Latif Setiawan, mengatakan bahwa hadirnya RTIK Kabupaten Kuningan di STIKKU bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai cara kerja teknologi, mengakses informasi dengan bijak, serta memanfaatkan teknologi secara efektif dan efisien.

Sementara itu, narasumber dari STIKes Kuningan Cecep Heriana, S.KM MPH menegaskan bahwa di era revolusi industri 5.0 mahasiswa harus memiliki kemampuan dan kompetensi yang mumpuni di bidang literasi digital, hal ini dikarenakan kemajuan teknologi saat ini menjadi salah satu kunci menguasai pengetahuan dan cepatnya arus informasi dan teknologi.

Dalam kesimpulannya, literasi digital merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu guna membangun peradaban generasi yang lebih maju dan berkembang.

Kemampuan literasi digital meliputi kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengevaluasi informasi yang diperoleh dari teknologi digital, serta kemampuan untuk memanfaatkan teknologi secara aman dan bijaksana. (Nars)

sumber: https://www.kuninganreligi.com/2023/02/pentingnya-literasi-digital-untuk.html