(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan melaksanakan kegiatan Survei Dasar Kesehatan Masyarakat (SDKM) di Kecamatan Karangkancana Kabupaten Kuningan selama 1 (satu) bulan terhitung dari tanggal 1 Februari 2023 hingga 2 Maret 2023. Pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2023 dilaksanakan acara pembukaan kegiatan SDKM di Kecamatan Karangkancana yang dihadiri oleh beberapa tamu undangan. Kegiatan pembukaan ini ditandai dengan penyematan name tag oleh Bapak Ade Wibawa S.Sos selaku Camat Karangkancana.

Pelaksanaan kegiatan SDKM Desa Tanjungkerta dilakukan dari tanggal 1 Februari hingga 17 Februari 2023 yang bertujuan untuk dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam merumuskan prioritas masalah kesehatan serta menentukan faktor penyebab prioritas masalah kesehatan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat. Kegiatan yang dilakukan selama SDKM di Desa Tanjungkerta selain melakukan survei kesehatan yaitu mengikuti pengajian mingguan, pengadaan cek kesehatan, pemeriksaan kesehatan terhadap anak stunting, mengajar mengaji anak-anak, mengikuti kegiatan posyandu, penyuluhan PHBS di SD, edukasi makanan sehat di TK, serta melakukan intervensi.

Hasil kegiatan SDKM di Desa Tanjungkerta Kecamatan Karangkancana didapatkan 3 (tiga) prioritas permasalahan yaitu tidak memiliki SPAL, perilaku membuang sampah sembarangan, dan stunting yang kemudian ketiga permasalahan tersebut di musyawarahkan pada kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2023. Hasil dari kegiatan MMD didapatkan permasalahan perilaku membuang sampah sembarangan menjadi prioritas utama masyarakat di Desa Tanjungkerta Kecamatan Karangkancana.

Menindaklanjuti hasil Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), pada tanggal 25 Februari 2023 dilaksanakan intervensi yang berlokasi di Dusun 3 Desa Tanjungkerta yang dijadikan sebagai tempat field projek dalam melakukan intervensi permasalahan sampah. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Karangkancana, Kepala Puskesmas Karangkancana, pemerintahan desa, kader, tokoh pemuda, dan masyarakat Desa Tanjungkerta. Kegiantan intervensi ini berkerjasama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan patriot desa dengan memberikan sedikit edukasi kepada masyarakat yang kemudian dilakukannya praktik. Intervensi yang kami berikan untuk Desa Tanjungkerta yaitu pembuatan eco brick menjadi kerajinan, pembuatan pupuk kompos organik dan pembuatan eco enzyme. Harapan dengan adanya intervensi yang diberikan untuk Desa Tanjungkerta Kecamatan Karangkancana dapat membantu pemerintah desa dan masyarakat Desa Tanjungkerta dalam mengatasi perilaku membuang sampah sembarangan dan juga diharapkan dari intervensi yang diberikan bisa tetap terus berkelanjutan untuk upaya mengurangi sampah dan mencegah perilaku membuang sampah sembarangan.

Nama Anggota Kelompok 2 :

  1. Alma Sucita Maharani (CMR0200003)
  2. Meliya Puspita Sari (CMR0200014)
  3. Rizky Herzando Pratama (CMR0200022)
  4. Salma Meylia Syapitri (CMR0200023)
  5. Epania Pebriyanti (CMR0200036)
  6. Fitria Muzdalifah (CMR0200037)
  7. Nuriyah (CMR0200047)
  8. Riza Yuda Alamsyah (CMR0200051)
  9. Triana Resa Bela (CMR0200056)
  10. Ina Gina Nurfitriani (CMR0200086)