(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Program studi pendidikan profesi Bidan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan melaksanakan acara Angkat Sumpah yang dilaksanakan di Hotel Horison Tirta Sanita, Rabu (08/03/2023).

Kegiatan angkat sumpah diikuti oleh 79 mahasiswa program studi profesi Bidan yang berasal dari Kabupaten Kuningan, Brebes dan Tasikmalaya. Acara dihadiri oleh Pengurus Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK), Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, dan Sivitas Akademika STIKes Kuningan.

Acara dimulai dengan Laporan Ketua Program Studi Profesi Bidan yang disampaikan oleh Siti Nunung Nurjanah, S.ST., M.KM, yang melaporkan persiapan hingga pelaksanaan acara Angkat Sumpah, sedangkan Ns. Heri Hermansyah, S.Kep., MKM membacakan SK dan penambahan gelar akademik dan menyampaikan  mahasiswa terbaik, kemudian acara dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan pengambilan Angkat Sumpah Profesi Bidan.

Dalam sesi pemberian sambutan,  Cecep Heriana, S.KM., MPH yang mewakili Ketua STIKes Kuningan menyampaikan sejarah berdirinya STIKes Kuningan, capaian prestasi dan kinerja yang telah diraih beberapa tahun terakhir juga prestasi akademik dan non akademik yang telah diraih oleh mahasiswa STIKes Kuningan.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Pengurus Daerah IBI Jawa Barat, Dr. Yanti Herawati, S.ST., M.Keb menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh mahasiswa yang telah dilantik dan angkat sumpah profesi Bidan, ia menaruh harapan besar untuk kemajuan Profesi Bidan dimasa yang akan datang dan Bidan bisa lebih professional dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Senada dengan IBI, Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, dr. Hj. Susi Lusiyanti, M.M mengapresiasi langkah dan program yang telah dilaksanakan oleh STIKes Kuningan dalam membantu para Bidan untuk bisa studi lanjut bekerjasama dengan pemerintah daerah dan dinas terkait, sehingga memudahkan para Bidan untuk bisa melanjutkan studinya dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme kerja Bidan.

Pidato Perwakilan Mahasiswa Profesi Bidan disampaikan oleh Bidan Rohidjah, SST yang merasa sangat bersyukur bisa lulus tepat waktu dan berterima kasih kepada Dosen STIKes Kuningan yang telah membantu para mahasiswa agar bisa lulus dengan hasil yang baik dan berharap ilmu yang telah didapatkannya bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Terakhir, sebagai ungkapan selamat Prof.Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes AIFO memberikan pantun semangat bagi para Bidan agar terus berkarya dan berkiprah dimasyarakat.

Masak selada pakai ikan bawal

Ikan bawalnya dibawa bahtera

Wisuda STIKKU adalah langkah awal

Untuk hidup yang lebih sejahtera

 

Beli Durian jangan dibelah

Sambil makan buah pepaya

Kini saatnya untuk di sumpah

Lulusan STIKKU semoga berjaya

 

Selamat dan Sukses untuk Mahasisa Program Studi Pendidikan Profesi Bidan!