(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Kegiatan “Epidemilogi Training and Practice For Vector Control VII”  (EPI-TRIP VII) Mahasiswa Prodi S-1 Kesmas Semester V (Lima) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKu) ke Loka Litbangkes Pangandaran Jawa Barat Tahun 2023 (EPI-TRIP) merupakan kegiatan yang  digagas oleh Departemen Epidemiologi Prodi S-1 Kesesehatan Masyarakat STIKes Kuningan dan bagian dari kurikulum khususnya pada Mata Kuliah Dasar Epidemiologi. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang capaian pembelajaran mahasiswa dalam mata kuliah Dasar Epidemilogi khususnya mengenai identifikasi genera nyamuk.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Januari 2023 dan dibagi menjadi 2 (dua) sesi sesi 1 dilaksanakan di ruang cinema dan sesi 2 dilakukan di lapangan. Seperti diketahui bahwa kegiatan EPI-TRIP sudah rutin dilaksanakan oleh Prodi S-1 Kesmas STIKKu yang ke-7 kalinya.

Kegiatan diawali pembukaan dan pemutaran film dokumenter tentang nyamuk. Pihak kampus yang di wakili oleh Ade Saprudin, SKM., MKM selaku Dosen STIKKu menyampaikan permohonan maaf bahwa Ketua STIKKu tidak bisa hadir secara langsung dikarenakan ada kegiatan lainyang tidak bisa tinggalkan, dalam sambutannya beliau juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini.

“Saya mewakili STIKKu mengucapkan terima kasihg banyak kepada Loka Litbangkes Pangandaran sehingga bisa terus bersinergi dalam kegiatan kali ini dan semoga kerjasama ini terus berlanjut dan bermanfaat buat kita semua” ucapnya

Pihak Loka Litabangkes Pangandaran adalah Firda Pradani, M.Si, merasa bersyukur diberi kepercayaan untuk terus membimbing mahasiswa STIKKu dalam kegiatan kunjungan ke Loka Litbangkes.

“Saya atas nama lembaga dan pribadi, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan STIKKu kepada kami sebagai lahan belajar mahasiswa tentu kami akan terus melakukan layanan terbaik kami dan terus mengevaluasi setiap tahunnya untuk kegiatan yang lebih baik kedepanya” pungkasnya

Setelah rangkaian kegiatan pembukaan dan pemutaran fillm dokumenter hingga pukul 09.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan materi dan praktek diantaranya; Identifikasi Genera Nyamuk, Pembedahan Nyamuk, Pining, Mounting, Pencidukan Larva, Penangkapan Nyamuk Dewasa hingga pukul 21.00 WIB. Setelah semua rangkaian kegiatan dilakukan penutupan dengan memberikan kesan dan pesan oleh mahasiswa yang pada saat itu diwakilkan oleh Dimas Mahendara.

“Kesan selama mengikuti kegiatan ini sangat luar biasa kami dapat ilmu baru disini bapak/ibu dari pihak Lokalitbangkesnya ramah-ramah juga, kami sangat terbantu selama mengikuti rangkaian kegiatan belajar disini dan untuk pesannya mungkin perlu ditingkatkan penghargaan bagi mahasiswa tidak hanya 2 mahasiswa saja yang mendapatkannya mungkin bisa lebih banyak bisa ditambahkan kriterianya yang mendapatkan penghargaan”. ucap Dimas menutup sesi tersebut.