(0232) 875847 [email protected]
Pada hari Sabtu, 19 November 2022 telah dilaksanakan kegiatan Seminar Profesi Kesehatan Lingkungan dengan tema “Strategi Pengelolaan dan Daur Ulang Limbah B3 di Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan” melalui zoom meeting dan streaming youtube yang diikuti oleh 274 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelas Peminatan Kesehatan Lingkungan Program Studi Kesehatan Masyarakat, Kampus 2 STIKes Kuningan
Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua I STIKes Kuningan Bapak Cecep Heriana SKM., MPH. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil studi kasus “Gambaran Pengelolaan Limbah B3 dan Timbulan Limbah B3 Pada Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan” oleh mahasiswa, kemudian dilanjut pemaparan materi dari Narasumber 1 dengan sub-tema “Tatalaksana Pengelolaan Limbah B3” oleh Ibu Hera Hendayani,S.Si., MPSDA selaku pengendali dampak lingkungan ahli muda DLH Provinsi Jawabarat dan sub-tema “Pemanfaatan Daur Ulang Limbah B3” oleh Bapak Maudy Dirgahayu Husein S.KM.,MKM selaku Sanitarian Ahli Madya RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.
Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dengan narasumber.
Berdasarkan seminar tersebut diketahui bahwa saat ini banyak fasyankes yang masih belum melakukan pengelolaan limbah B3 sesuai peraturan dengan mayoritas alasan fasilitas pengelolaan limbah medis yang dimiliki fasyankes belum memenuhi persyaratan teknis, lokasi fasyankes dekat dengan pemukiman penduduk dan tidak memenuhi persyaratan untuk mengoperasikan incenerator. Narasumber pun membahas mengenai strategi-strategi yang dapat digunakan untuk menanggulangi hal tersebut.
Semoga dengan terlaksananya Seminar Profesi Kesehatan Lingkungan dapat memberikan manfaat kepada para tenaga kesehatan khususnya tenaga kesehatan masyarakat dan seluruh instansi terkait dengan pengelolaan limbah B3 sehingga limbah B3 tidak menimbulkan masalah pada lingkungan.
#SemprofKesling2022
#SemprofKeslingStikku