(0232) 875847 [email protected]

[stikku.ac.id] – Sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan (STIKKu) maksanakan Promosi dan Skrining Kesehatan Tentang Deteksi Risiko Pada Ibu Hamil Melalui USG di Puskesmas Gegesik kabupaten Cirebon pada Senin (03/10).

Tim pelaksana kegiatan Widya, yang beranggota: Dewi Yuliani, Sonny Fitriawan Imbara, Widy Astuti dan Andre Novan mengatakn bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pada ibu hamil tentang deteksi dini risiko kehamilan, memberikan edukasi melalui penyuluhan tentang deteksi dini risiko kehamilan, melakukan skrining kesehatan dengan kolaborasi lintas sektoral untuk pemeriksaan kehamilan dengan USG dan dalam rangka melaksanakan tugas project lapangan untuk mata kuliah promosi kesehatan pada masyarakat pedesaan

Dalam kegiatan promosi dan skrining melibatkan mahasiswa, dosen, kepala puskesmas, bidan, dokter spesialis kandungan dan kurang lebih 100 ibu hamil hadir dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu ketua prodi Magister Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan Dr. Hj. Mamlukah SKM., M.Kes menyampaikan bahwa dari prodi magister kesehatan masyarakat STIKes Kuningan telah melaksanakan pengmas antara mahasiswa dengan dosen.

“Pertama saya ucapkan terimakasih kepada pihak puskesmas Gegesik Kabupaten cirebon untuk bisa mengizinkan mahasiswa kami melaksanakan kegiatan pengmas ini. Tujuan kegiatan ini mahasiswa dapat mengaplikasikan antara teori dan praktek yang didapatkan di kampus kemudian di laksanakan di masyarakat khususnya di wilayah kerja puskesmas gegesik. diharapkan kegiatan ini dapat memberikan perubahan baik pengetahuan, sikap maupun keterampilan ibu hamil dalam mendeteksi risiko kehamilan sejak dini.” ucapnya

Ketua pelaksana kegiatan berharap dari kegiatan pengabdian masyarakat tersebut khususnya ibu hamil agar semakin peduli, dan betul-betul dalam kondisi ideal dan keadaan sehat untuk hamil sehingga diharapkan kegiatan ini bisa bermanfaat baik bagi ibu hamil, puskesmas gegesik dan prodi Magister Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan.